by

Samsung Galaxy Z Fold 3 Bakal Usung Kamera di Bawah Layar

KalbarOnline.com – Samsung berencana menggunakan kamera di bawah layar atau Under Display Camera (UDC) untuk pertama kalinya di Galaxy Z Fold 3. Kini, mencuat lagi kabar bahwa hampir pasti Galaxy Z Fold 3 hadir dengan konsep kamera di bawah layar untuk kebutuhan swafoto.

Hal ini berdasarkan laporan yang mengklaim bahwa Samsung Display telah mengembangkan layar yang mendukung UDC. Informasi ini berasal dari pihak di industri menurut laporan tersebut.

  • Baca juga: Paten Baru Isyaratkan Galaxy Z Fold 3 Bakal Dilengkapi Pena Stylus

Meski begitu, ada kendala yakni implementasi teknologi karena adanya kesenjangan antara piksel yang menjadi lebih lebar untuk memungkinkan cahaya melewatinya terlebih untuk panel layar OLED. Ini karena cahaya dibiaskan oleh lapisan tampilan OLED, diperlukan algoritma khusus untuk mengoreksi gambar tersebut.

Hanya area di atas lensa kamera yang memiliki celah lebar dan akan mempengaruhi kualitas gambar yang ditampilkan. Saat ini, hanya ZTE Axon 20 5G yang menggunakan teknologi kamera di layar dan kamera di bawah layar smartphone ini juga menggunakan metode yang mirip dengan Samsung.

Samsung Galaxy Z Fold 3 diharapkan akan diluncurkan pada kuartal ketiga 2021. Adopsi UDC akan membantu mengkonsolidasikan posisi andalan barunya.

Samsung saat ini memiliki beberapa smartphone lipat, seperti Galaxy Z Flip dan Galaxy Z Fold 2 yang keduanya merupakan model 5G. Saat ini, semua ponsel lipat di pasaran memiliki satu kesamaan yakni mereka dapat dilipat sekali.

Smartphone nantinya juga akan diperkenalkan dengan layar fleksibel yang bisa dilipat dua kali. Menurut informasi terbaru, Samsung juga sedang mengerjakan model seperti itu. Misalnya, ada laporan tentang smartphone Galaxy Z Dual Fold baru-baru ini. Model ini dikatakan hadir dengan tampilan lebih rendah yang juga berfungsi sebagai keyboard virtual. Samsung juga mempertimbangkan untuk mengembangkan smartphone yang dapat dilipat dengan keyboard geser.

Comment

News Feed