by

Penyiksaan Mengerikan, Wasit Stop Duel dan Menangkan Eks Juara Dunia

KalbarOnline.com-Javier Fortuna sempat mengalami puncak kehebatan pada 2015. Saat itu, dia menjadi juara dunia kelas bulu WBA.

Baru sekali mempertahankan gelar, Fortuna sudah kehilangan sabuk juaranya setahun kemudian. Berlaga di Beijing, Fortuna tumbang KO pada ronde ke-11 dari Jason Sosa.

Setelah itu karier Fortuna meredup. Bahkan pada 2018, dia mengalami cedera setelah terjatuh dari ring ketika berhadapan dengan petinju asal Meksiko Adrian Granados.

Tahun lalu, Fortuna mulai bangkit. Dia mengalahkan Sharif Bogere asal Uganda dan Jesus Cuellar. Kemenangan KO ronde kedua atas Cuellar yang asal Argentina itu membuat rasa percaya diri Fortuna memuncak.

  • Baca Juga: Tampil Cerdik dan Agresif, Sang Penghancur Bungkam Mantan Juara Dunia

Pada laga hari ini WIB (23/11) di Staples Center, Los Angeles, Fortuna kembali menunjukkan kelasnya sebagai petinju yang patut diperhitungkan dan bukan petarung kelas ecek-ecek. Dia kembali mengalahkan petarung asal Meksiko lainnya, Antonio Lozada pada laga kelas ringan.

Fortuna menang TKO pada ronde keenam.

Petinju asal Republik Dominika tersebut bertarung sangat agresif sejak awal. Ketika bel pertama berbunyi, dia sudah memburu Lozada dengan sangat ganas. Kombinasi pukulan kerasnya membuat Lozada jatuh sesaat sebelum bel ronde pertama berbunyi.

Setelah tumbang itu, Lozada lebih berhati-hati. Dia bermain lebih cepat untuk mengimbangi kecepatan yang dimiliki Fortuna. Melihat hal itu, Fortuna mengubah gaya bertarungnya. Dari cepat dan agresif menjadi lebih teknikal serta sabar. Dia berlaga dengan penuh perhitungan dan efisien antara ronde kedua sampai ronde kelima.

Mantan juara dunia Javier Fortuna mengalahkan petinju Meksiko Antonio Lozada di Staples Center, Los Angeles (23/11) WIB. (Sean Michael Ham/Boxing Scene)

Pada ronde keenam, Fortuna mendapatkan momentum terbaiknya. Sebuah jab cepatnya menghajar dengan keras muka Lozada. Dia jatuh. Namun, Lozada kembali berdiri hanya untuk menerima berondongan pukulan susulan dari Fortuna.

Melihat penyiksaan yang mengerikan itu, wasit Gerard White memutuskan menghentikan pertarungan dan memberikan kemenangan TKO untuk sang mantan juara dunia.

Dari statistik Compubox, Fortuna memang tampil jauh lebih dominan. Dia melancarkan 316 pukulan dengan 107 yang mendarat ke muka dan badan Lozada.

Sementara itu, Lozada mengirimkan 292 pukulan. Tetapi cuma 45 yang mengenai Fortuna. Sangat-sangat tidak efektif.

Fortuna sendiri sempat mengalami cedera ringan pada awal pertarungan. Area mata kirinya sobek karena benturan kepala. Namun, dia berhasil meneruskan pertarungan dan meraih kemenangan sangat meyakinkan.

Comment

News Feed