by

Arab Saudi Tunjuk Hermann Tilke untuk Merancang Sirkuit Jalanan Jeddah

KalbarOnline.com − Arab Saudi bergegas untuk menyongsong satu seri F1 musim depan. Mereka sudah diplot menjadi tuan rumah race ke-22 pada 28 November 2021.

Jalanan di Jeddah akan disulap menjadi sirkuit jalanan. Otoritas Arab Saudi memercayakan perancangan sirkuit kepada Hermann Tilke.

Tilke adalah desainer sirkuit kenamaan di dunia motorsport. Pria 65 tahun asal Jerman itu juga menjadi desainer sejumlah sirkuit di F1. Misalnya, sirkuit internasional Shanghai, Tiongkok; sirkuit jalanan di Hanoi, Vietnam; serta Red Bull Ring Austria.

  • Baca Juga: Schumacher Pernah Memprediksi, Hamilton Bisa Juara Dunia 7 Kali

Presiden Federasi Motorsport Arab Saudi Khalid bin Sultan Al Faisal kepada Race Fans menjelaskan, keterbatasan waktu membuat mereka mendapuk Tilke untuk merancang sirkuit jalanan di Jeddah.

’’Kami harus bekerja ekstracepat, dan ini adalah sirkuit jalanan,” sebut Khalid dilansir Planet F1. ’’Kami ingin melakukan sesuatu yang istimewa, menjadi balapan yang berbeda, dan kami ingin (seri di Jeddah) menjadi balapan tebaik,” papar Khalid.

Rencananya, GP Arab Saudi berlangsung malam hari dengan menawarkan pemandangan menawan di Jeddah Corniche.

Seri Arab Saudi juga bukan satu-satunya race yang berlangsung di sirkuit jalanan musim depan. Masih ada GP Monako, GP Singapura, dan GP Azerbaijan yang sudah lebih dulu memakai jalanan kota sebagai sirkuit.

Nah, Khalid ingin GP Arab Saudi tidak hanya enak ditonton, tetapi bisa lebih kompetitif. ’’Kami senang menyaksikan balapan di Monako, itu adalah balapan yang menyenangkan. Tetapi, dalam hal balapan, tidak ada yang menyalip. Itu tidak terlalu menarik,” paparnya.

Comment

News Feed