Andi Ridwan Terpilih Sebagai Ketua Umum IPSI Kalbar

Andi Ridwan Terpilih Sebagai Ketua Umum IPSI Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Provinsi Kalimantan Barat menggelar musyawarah provinsi (Musprov) tahun 2020, Sabtu (21/11/2020). Musprov ini diikuti oleh pengurus IPSI dari 14 kabupaten dan kota di Kalbar hingga Pengurus Besar (PB) IPSI Pusat termasuk sejumlah perguruan historis.

Musprov tahun 2020 ini untuk memilih Ketua IPSI Kalimantan Barat periode 2020-2024, karena masa bakti kepengurusan yang sebelumnya sudah berakhir. Dalam Musyawarah Provinsi IPSI Kalimantan Barat kali ini diikuti oleh 2 (dua) kandidat atau calon, masing-masing Ardiyansyah yang saat ini menjabat sebagai Ketua IPSI Kota Pontianak juga anggota DPRD Kalbar dari Fraksi PAN dan Andi Ridwan yang saat ini menjabat Direktur Utama PT.Pokta Guna Tambang.

Berdasarkan hasil pemilihan secara demokrasi dari 15 pemberi hak suara dalam musprov ini, Andi Ridwan memperoleh sebanyak 11 suara, sementara Ardiyansyah memperoleh 4 suara.

“Berdasarkan suara ini, maka bapak Andi Ridwan memenangkan Musprov IPSI Kalbar tahun 2020,” kata Ketua IPSI Sintang yang memimpin sidang Musprov, Sabtu (21/11/2020) malam.

Ketua IPSI Kalimantan Barat terpilih, Andi Ridwan dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan, ia memastikan akan membawa IPSI Kalbar kearah yang lebih baik dengan semangat ingin membangun organisasi.

“Saya ucapkan terimakasih atas mandat dan kepercayaan yang telah diberikan kepada saya. Lewat momen ini saya menyampaikan, bahwa kita berhimpun di sini dengan semangat ingin membawa kebaikan bagi organisasi ini, maka semangat itu lebih utama ketimbang siapa yang menang dan siapa yang kalah dalam pemilihan Ketua IPSI,” ujar Andi Ridwan dalam sambutannya setelah ditetapkan sebagai Ketua IPSI Kalbar terpilih.

Baca Juga :  Polisi Sebut Kebakaran Rumah di Jalan Sejarah Akibat Korsleting Listrik

Andi Ridwan yang saat ini juga menjabat Ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan Kota Pontianak memastikan membangun IPSI Kalbar melalui kebersaman dan semangat solidaritas menjadi yang utama untuk kemajuan silat di Kalimantan Barat.

“Semangat memajukan semangat Kalbar menumbuhkan, menjadikan kita semua dalam gerbong kebaikan untuk menciptakan banyak prestasi, maka melalui proses ini saya minta untuk menguatkan kebersamaan dan solidaritas di internal IPSI, karena hanya kebersamaan yang menjadi syarat utama untuk memajukan pencak silat Kalbar,” uangkapnya.

Agar semua program yang sudah ia canangkan berjalan sesuai harapan, ia juga meminta kontribusi dan uluran tangan semua pihak, karena menurutnya insan silat merupakan satu kesatuan ikatan yang sama untuk mengerakan roda organisasi.

“Saya meminta uluran tangan saudara semua untuk turun tangan ikut berkontribusi dalam IPSI agar saya dapat merealisasikan program yang saya rencanakan. Ini kita semua adalah satu dalam ikatan dan punya semangat yang sama untuk mengerakan roda organisasi dan memajukan IPSI,” ajaknya.

Beberapa program yang akan dilakukan Andi Ridwan dalam memimpin IPSI Kalimantan Barat periode 2020-2024 yang tertuang dalam Visi-Misinya yakni; Menjalankan roda organisasi dengan berpedoman pada Tupoksi, AD/ART IPSI sesuai tingkat dan kewenangannya. Menerapkan Reward and Punishment. Tertib adiministrasi dengan meregister dan membuat database perguruan silat yg terdaftar di IPSI Provinsi yang mempunyai keterwakilan hingga di seluruh Pengcab 14 kabupaten kota. Membuka kantor Sekretariat Pengda IPSI serta Manajemen latihan berbasis IPTEK terukur dan terprogram.

Baca Juga :  38 Orang Wasit Juri Pencak Silat se-Kalbar Ikuti Penataran

Sementara itu, salah satu pesilat dari Perguruan Cuyusika Bangau Putih, Tarjan Sofian menyampaikan selamat atas terpilihnya Andi Ridwan sebagai Ketua Umum IPSI Kalbar. Ia berharap dibawah kepemimpinan Andi Ridwan, IPSI Kalbar mampu menoreh prestasi yang cemerlang dan memiliki daya saing dengan IPSI di provinsi lain di Indonesia.

“Selamat atas terpilihnya pak Andi Ridwan, semoga semangat beliau untuk menjadikan IPSI Kalbar kearah yang lebih baik dapat terwujud, seperti Membuka Kantor Sekretariat Pengda IPSI serta Manajemen latihan berbasis IPTEK terukur dan terprogram seperti yang tertuang dalam program beliau ini yang kita harapkan,” kata Sofian yang juga Wasit Juri Pencak Silat Kota Pontianak ini.

Putra asal Kabupaten Sekadau ini juga menginginkan dalam kepengurusan IPSI yang baru ini dapat merangkul semua perguruan silat yang ada di Kalbar, memiliki inovasi dalam membina atlet sehingga sehingga Atlet Kalbar semakin lebih baik.

“Koordinasi, Komunikasi dengan perguruan pencak silat juga perlu dilakukan, hal ini sebagai salah satu media pendekatan dalam pembinaan atlet Silat di Kalbar,” pungkasnya.

Comment