7 Hal yang Perlu Dilakukan Jika Tinggal Bersama Orang Positif COVID-19

Tinggal bersama anggota keluarga yang positif COVID-19 pastinya menimbulkan kekhawatiran takut tertular. Menurut ahli, risiko tertular jika kita tinggal bersama orang positif COVID-19 adalah sekitar 50%.

Kalau Geng Sehat tengah mengalami hal ini, tidak perlu khawatir berlebihan. Ada beberapa tips aman tinggal bersama orang positif COVID-19 yang perlu Geng Sehat lakukan. Berikut penjelasannya!

Baca juga: Pria Jomblo Memiliki Tingkat Kematian Lebih Tinggi karena Covid-19

7 Hal yang Perlu Dilakukan Jika Tinggal Bersama Orang Positif COVID-19

Lakukan hal-hal ini jika Kamu tinggal bersama orang positif COVID-19:

1. Lakukan Tes atau Skrining COVID-19

Kalau seseorang yang tinggal di rumah Kamu positif COVID-19, segera periksakan atau tes juga diri Kamu. Namun, meskipun hasilnya negatif, hal tersebut tidak menghilangkan kemungkinan kamu terinfeksi, keungkinan infeksi tahap awal. Seperti yang diketahui, di awal infeksi COVID-19, jumlah virus masih terlalu rendah untuk bisa terdeteksi, sehingga hasil tesnya negatif, meskipun sebenarnya positif.

Sensitivitas tes COVID-19 meningkat sekitar 5-7 hari setelah terpapar virus. Jadi, Kamu kemungkinan besar perlu periksa lagi sekitar 1 minggu setelah pemeriksaan pertama. Jika hasil tes negatif, Kamu harus tes ulang dalam 5-7 hari kemudian. Sebaiknya lakukan tes swab atau PCR yang merupakan standar tes COVID-19 saat ini karena paling akurat.

2. Batasi Kontak Langsung

Hal penting lain yang perlu dilakukan jika Kamu tinggi bersama orang positif COVID-19 adalah membatasi kontak langsung dengan orang yang positif COVID-19 tersebut. Menurut ahli, jika ada anggota keluarga di rumah yang positif COVID-19, hal-hal yang perlu dilakukan adalah:

  • Orang yang positif COVID-19 harus memisahkan dirinya dengan orang lain yang ada di dalam rumah.
  • Jika memungkinkan, orang positif COVID-19 juga harus menempati kamar dan menggunakan kamar sendiri yang terpisah.
  • Semua orang yang tinggal di rumah tersebut harus menjaga jarak sekitar 6 langkah dari orang yang positif COVID-19.
  • Orang yang positif COVID-19 harus dikarantina minimal 14 hari.
Baca Juga :  Terlalu Sering Mencuci Tangan Bikin Kulit Kering? Begini Cara Mencegahnya!

3.Buka Jendela di Rumah

Untuk meningkatkan ventilasi, bukalah jendela rumah. Hal ini termasuk penting jika Kamu tinggal di rumah orang yang positif COVID-19. Pasalnya, virus di dalam ruangan bisa bertahan di udara dalam bentuk droplet yang sangat kecil, sehingga berpotensi menularkannya ke anggota keluarga lain.

Baca juga: Survei BPS: Anak Muda Kurang Peduli Pencegahan COVID-19

4. Pakai Masker

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), orang yang sakit harus memakai masker ketika berada di sekitar orang lain. Orang yang hidup dengan orang yang positif COVID-19 juga harus memakai masker.

Masker membantu mencegah keluarnya droplet dari hidung dan mulut orang yang terinfeksi COVID-19. Namun, masker juga melindungi orang dari paparan virusnya juga. Meskipun tidak 100% menjamin perlindungan dari infeksi COVID-19, memakai masker tetap menurunkan risiko Kamu terkena virusnya.

Baca Juga :  Atasi Gangguan Performa Seks Pria dengan Bahan Alami

Memakai kacamata atau pelindung mata ketika berada dekat dengan orang positif COVID-19 juga menurunkan risiko Kamu terpapar virusnya lewat mata.

5. Cuci Tangan dan Bersihkan Permukaan Barang-barang di Rumah

Ahli menyarankan agar setiap orang mencuci tangan dengan benar untuk mencegah penularan COVID-19, khususnya jika kita tinggal dengan orang positif COVID-19. Penting juga bagi orang yang positif COVID-19 untuk rajin cuci tangan.

CDC juga merekomendasikan untuk selalu membersihkan permukaan barang-barang yang sering disentuh, seperti meja, gagang pintu, saklar lampu, dan lainnya. CDC menyarankan agar permukaan-permukaan dibersihkan menggunakan sabun dan air, kemudian disemprotkan desinfektan.

6. Makan Sehat dan Bergizi

Konsultasikan dengan dokter jika Kamu perlu mengonsumsi suplemen. Namun, yang terpenting tetap mengonsumsi makanan sehat. Hindari pula stres.

7. Jangan Stres, Cari Teman Bicara

Ketika sedang melewati masa sulit, penting bagi Kamu untuk berbicara dengan teman dan keluarga. Wajar saja jika Kamu merasa khawatir dan takut jika tinggal bersama orang positif COVID-19. Jadi, daripada memendamnya sendiri, sebaiknya ceritakan dengan orang di sekitar. (UH)

Baca juga: Bisa Cegah Keparahan Covid-19, Kenali Kandungan Vaksin Influenza

Sumber:

Healthline. Ways to Protect Yourself When Someone in Your Home Has COVID-19. November 2020.
CDC. Caring for Someone Sick at Home. Oktober 2020.

Comment