Korlantas Polri Melakukan Modernisasi IT untuk Tingkatkan Kinerja

KalbarOnline.com – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono menegaskan, modernisasi pada bidang teknologi informasi dilakukan untuk meningkatkan kecepatan, keakuratan, keefektifan dan transparansi pelaksanaan tugas-tugas Korlantas Polri. Sehingga daya dukung kepolisian kepada negara, pemerintah dan masyarakat semakin meningkat.

Hal ini sejalan dengan akan diselenggarakannya, IT Road Safety Expo 2020 pada 24 – 26 November 2020. Dalam acara tersebut juga akan ada pemberian penghargaan IT Road Safety Award yang diberikan kepada Polda dan Polres/Polresta, yang dinilai banyak melakukan inovasi dan telah menjalankan berbagai aplikasi yang terkait IT Road Safety.

“Saya berharap semua pihak dapat mendukung modernisasi TI di Korlantas Polri secara efektif dan transparan, mengingat teknologi TI / digital berkembang dan berubah sangat cepat. Tentu modernisasi TI Korlantas juga diharapkan bisa terintegrasi dan mendukung Smart City dan percepatan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN),” kata Istiono dalam keterangannya, Minggu (22/11).

Baca Juga :  Tak Terpengaruh Ancaman Corona, Disdik Sulsel Tetap Gelar UNBK SMK

Selain itu, Korlantas Polri juga sedang mengembangkan Smart Management, agar seluruh rangkaian aplikasi dapat dikonsolidasikan dan diintegrasikan secara efektif dan efisien. Sistem inputing data yang menjadi variable kunci dari IT Road Safety mulai satuan kerja Polres, Polda, teritegrasi dengan sistem yang terpusat dari berbagai metode inputing dan jenis data.

Baca juga: Ditregident Korlantas Polri Lakukan Implementasi Roadmap Era Digital

Direktur Kamsel Korlantas Polri, Brigjen Pol Chryshnanda Dwilaksana menuturkan, Smart Managemen merupakan sistem-sistem elektronik atau sistem online yang saling terhubung, berbasis kepada Back Office Application, yang juga memanfaatkan Artificial Intelligent (AI), Internet of Things (IoT) dan IT Network.

Baca Juga :  PPP Klaim Menang di 123 Daerah dalam Pilkada 2020

“Di sini semuanya saling bersinergi,” ujar Dwilaksana.

Menurut Dwilaksana, IT Road Safety Expo, merupakan ajang sosialisasi dan edukasi untuk masyarakat dan para pemangku kepentingan akan pentingnya membangun budaya tertib berlalu lintas.

“Kita ingin menunjukkan bahwa TI merupakan suatu keniscayaan dan keharusan, untuk membangun dan mencapai tujuan dari Road Safety agar lalu lintas aman, selamat, tertib, lancar. Dengan hal tersebut, harapannya kita dapat meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan, terbangun budaya tertib,” pungkasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment