Jelang Libur Nataru, Satgas Ingatkan Warga Disiplin Protokol Kesehatan

KalbarOnline.com – Libur panjang Natal 2020 dan Tahun Baru (Nataru) 2021 segera tiba. Pemerintah sendiri telah merencanakan adanya libur panjang pada periode tersebut. Namun, belakangan sejumlah pihak mendesak agar tidak ada libur panjang demi menekan penularan Covid-19.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta masyarakat disiplin mematuhi protokol kesehatan 3M. Yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Sebab hal itu akan berpengaruh besar terhadap pemerintah dalam menentukan libur panjang akan diadakan atau tidak.

Baca Juga :  Tekan Angka Covid-19, Masyarakat Wajib Patuhi 3M saat Libur Panjang

“Keputusan libur panjang, walaupun ditentukan pemerintah, namun prinsipnya sangat bergantung pada kedisiplinan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan 3M, terutama pada masa-masa liburan,” kata Wiku beberapa waktu lalu.

Apabila masyarakat tidak mematuhi protokol kesehatan, yang bisa membuat kasus Covid-19 meningkat, maka akan ada konsekuensi terhadap keputusan yang diambil pemerintah terkait masa libur akhir tahun. Pemerintah sudah belajar dari pengalaman libur panjang selama masa pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Merasa Lucu, Erick Thohir: Kita Lebih Baik dari Amerika dan Rusia

Pada momentum tersebut kerap kali terjadi lonjakan penularan virus. Satgas berharap pengalaman itu menjadi pembelajaran bersama untuk menghadapi aktivitas liburan di masa yang akan datang.

“Terlepas diberlakukannya, disingkatnya, atau ditiadakannya libur akhir tahun ini, keputusan yang diambil pemerintah dalam upaya untuk melindungi masyarakat dari potensi penularan Covid-19. Ingat, keselamatan masyarakat adalah hukum tertinggi,” pungkas Wiku.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment