by

Habis-habisan, Rafael Nadal Sikat Juara Bertahan dan Lolos Semifinal

KalbarOnline.com – Rafael Nadal datang ke pertandingan melawan Stefanos Tsitsipas kemarin dengan beban yang superberat. Sebab, jika dia kalah, habis sudah riwayatnya di ajang ATP World Tour Finals tahun ini.

Karena itu, ranking dua dunia tersebut tampil habis-habisan. Dan hasil akhirnya manis. Dia berhasil menyingkirkan Tsitsipas yang berstatus juara bertahan dengan menang 6-4, 4-6, 6-2. ”Aku merasa puas dengan permainan yang aku tunjukkan,” ucap Nadal dilansi BBC.

”Skornya memang selalu mepet. Tapi, menurutku aku tampil jauh lebih baik,” tambahnya. Hasil tersebut membuat Nadal melaju ke semifinal mewakili grup London 2020. Dia menemani Dominic Thiem yang sudah lebih dulu lolos dengan status juara grup.

Nadal di semifinal nanti malam menghadapi juara grup Tokyo 1970. Yakni, Daniil Medvedev. Sementara itu, Thiem akan melawan Novak Djokovic. Djokovic mengalahkan Alexander Zverev yang bertanding dini hari tadi.

”Di set ketiga aku bingung apa yang harus aku lakukan,” ucap Tsitsipas dilansir Associated Press. ”Aku sudah berusaha tampil lebih agresif. Tapi, itu malah membuat dia mendapat banyak poin dengan permainan relinya yang solid,” tambah petenis asal Yunani tersebut.

Hasil tersebut membuat Nadal makin unggul head-to-head atas Tsitsipas. Dari tujuh kali pertemuan, petenis asal Spanyol itu menang enam kali.

Nadal datang ke semifinal dengan kepercayaan diri yang tinggi. Sebab, dia juga punya rekor head-to-head apik melawan Medvedev. Yakni, 3-0. Kali terakhir keduanya bersua juga di turnamen ini tahun lalu. Tapi. saat itu masih di babak penyisihan grup.

Nadal juga tidak mau terlalu jemawa dengan rekor pertemuan. Sebab, dia yakin Medvedev tahun ini jauh lebih kuat. Apalagi, pekan lalu petenis Rusia itu telah memenangi ajang Paris Masters yang dimainkan di lapangan keras indoor seperti ATP Finals ini.

”Aku yakin, tahun lalu dia cuma lelah. Pertandingan kali ini akan lain cerita. Dia bermain jauh lebih baik. Dia juga punya kepercayaan yang makin tinggi,” ucap Nadal.

Bagi Nadal, ini akan menjadi semifinal pertamanya di ATP Finals dalam lima tahun ke belakang. Kali terakhir dia tampil di babak empat besar ATP Finals adalah 2015 silam.

Tahun ini Nadal ingin meraih gelar perdana di ajang penutup musim 2020. Dia tercatat sebagai pemegang rekor petenis yang lolos 16 tahun berturut-turut di ajang ini. Tapi, sampai saat ini belum satu pun gelar yang berhasil dia bawa pulang.

Comment

News Feed