Tito Dukung Penyelenggaraan Pendidikan Tatap Muka di Masa Pandemi

KalbarOnline.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyatakan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) siap mendukung pemerintah menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar dengan sistem tatap muka, sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan Bersama Menteri Dalam Negeri, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama dan Menteri Kesehatan (SKB 4 Menteri) tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19.

Tito menyatakan, aturan tersebut merupakan keputusan bersama empat kementerian untuk membuat kebijakan baru dalam rangka proses pembelajaran di dunia pendidikan. Dalam SKB, sebelumnya dibukanya sekolah mengacu berdasarkan zonasi sesuai dengan data Covid-19 dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

Dengan SKB ini pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pada Januari 2021 secara tatap muka dengan berpedoman pada protokol kesehatan yang ketat.

“Pada prinsipnya Kemendagri mendukung langkah-langkah ini, karena kita melihat ada beberapa dampak negatif yang disampaikan tadi oleh Mendikbud, namun tentu kita tidak bisa menghindari kita juga harus memberikan precaution-antisipasi kesiapan, agar tatap muka tidak menjadi klaster baru di lingkungan pendidikan termasuk juga lingkungan pendidikan keagamaan,” kata Tito dalam keterangannya, Jumat (20/11).

Baca Juga :  Langkah Antisipatif KPK Cegah Penyebaran Covid-19

Dengan adanya kebijakan baru sistem pendidikan tersebut, sambung Tito, akan membuat surat edaran terkait sosialisasi dalam rangka proteksi terhadap Covid-19, kepada pemerintah daerah yang dapat membawahi dinas terkait seperti Diskominfo, Dishub, Dinkes, Dinas Pendidikan dan Satgas Covid-19 di tiap-tiap daerah.

“Nanti dalam SE ini kami akan meyakinkan bahwa yang dilakukan oleh berbagai SKPD dimasukkan dalam dokumen rencana kerja pemerintah daerah atau RKPD dan juga dokumen penganggarannya dalam dokumen APBD. Sehingga diyakinkan bahwa semua mekanisme untuk proteksi tatap muka tidak menjadi klaster itu betul-betul diprogramkan dan dianggarkan oleh tiap-tiap daerah,” ujar Tito.

Tito pun meminta, Dinas Kesehatan dapat melakukan kegiatan testing di satuan pendidikan, termasuk pesantren dengan biaya dari pemerintah daerah. Selain itu, Tito mengharapkan sosialisasi juga diberikan kepada anak-anak dan orang tua.

Baca Juga :  100 Dokter Meninggal Akibat Covid-19, DPR: Jam Kerja Harus Dievaluasi

Baca juga: Mendikbud: Sekolah Tatap Muka Kembali Dilaksanakan Mulai Januari 2021

“Dilakukan testing reguler dan juga dengan meningkatkan kapasitas kesehatan terutama fasilitas karantina di tiap-tiap daerah, kalau ternyata terjadi klaster baru, maka secepatnya dilakukan karantina,” ungkap Tito.

“Artinya tiap daerah, dinas kesehatannya harus menyiapkan tempat karantina dan juga meningkatkan kapasitas untuk treatment rumah sakit yang ada di kabupaten/kota maupun provinsi. Kita mengantisipasi jangan sampai nanti terjadi lonjakan dari tatap muka ini,” sambungnya.

Mantan Kapolri ini mengimbau, agar menghindari kegiatan kerumunan di lingkungan pendidikan, terutama di bidang ekstrakurikuler seperti olahraga, kesenian maupun upacara. Tito mengharapkan tetap mensosialisasikan 3M di lingkungan sekolah dengan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer dan menjaga jarak.

“Jangan sampai terjadi kerumunan karena sudah sekian bulan euforia kemudian lepas kendali terjadi pengumpulan kerumunan anak-anak-anak sehingga terjadi penularan,” tandasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment