Tips Menghemat Biaya Servis dan Mobil Tetap Aman

KalbarOnline.com – Punya kendaraan pribadi memang memudahkan dalam bertransportasi. Selain tidak perlu berdesak-desakan di angkutan umum, Anda dapat berkendara lebih leluasa. Namun biaya yang perlu dikeluarkan untuk membeli bahan bakar, perawataan, dan servis kendaraan juga tidak sedikit.

Ya, mobil terdiri dari ribuan komponen yang bekerja keras mengawal mobilitas kita sehari-hari. Ada kalanya kendaraan kita juga perlu dirawat dan diservis, namun biaya servis kendaraan tidaklah murah.

Penilaian mahal atau murah biaya servis adalah hal relatif. Namun ada hal-hal yang membuat biaya servis lebih rendah dari yang seharusnya. Ada beberapa tips menghemat biaya servis mobil yang bisa Anda lakukan.

Baca Juga :  Stok Pasar Menipis, Daihatsu Siap Genjot Produksi

Lakukan Perawatan atau Servis Berkala
Jangan lupa untuk servis berkala secara rutin sesuai rekomendasi pabrik. Dimulai dari 1.000 Km hingga 100.000 Km dan setiap kelipatan 10.000 Km semua diikuti secara patuh dan tepat waktu.

Servis di Bengkel Resmi atau Terpercaya
Ingat, jangan sembarangan memilih bengkel, pilih yang benar-benar terpercaya dengan mekanik yang benar-benar paham luar dalam mobil. Untuk poin ini sangat direkomendasikan servis dilakukan di bengkel resmi.

Gunakan Suku Cadang Asli
Banyak suku cadang kendaraan dijual dipasaran tapi tak semuanya suku cadang asli (genuine part) yang direkomendasikan. Gunakan selalu suku cadang asli. Meski harganya dominan lebih tinggi dari yang tiruan, kualitasnya lebih terjamin.

Baca Juga :  Edisi Terakhir Nissan GT-R R35 Dikabarkan Datang 2022

Dengan tiga langkah di atas mobil lebih terjaga dan kemungkinan ‘rewel’ bisa diminimalisir. Pengeluaran pun menjadi lebih hemat.

Manfaatkan promo servis
Ini kesempatan, memanfaatkan promo servis yang dibuat oleh diler termasuk solusi penting untuk menghemat biaya servis. Karena banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Manfaatkan Promo Pembelian mobil
Anda juga bisa menghemat biaya servis mobil memanfaatkan promo yang biasa disertakan dalam promo penjualan unit baru. Meskipun hanya biaya jasa yang digratiskan, itu cukup mengurangi pengeluaran. Lebih-lebih jika ada promo bebas part pengganti seperti oli mesin dan pelumas yang lain. Semoga bermanfaat.

Comment