Tangkal Covid-19, Menaker Kampanyekan Gerakan Pekerja Sehat

JawaPos.Com – Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengampanyekan program Gerakan Pekerja Sehat (GPS), kepada perusahaan-perusahaan. Ini salah satu upaya untuk mencegah Covid-19.

Di Jakarta, komuter menjadi andalan. Apalagi rata-rata pekerja memiliki hunian pinggiran Jakarta. Hal ini menyebabkan banyak pekerja menempuh perjalanan atau melakukan mobilitas non permanen pada pagi hari dan pulang pada sore hari.

Baca juga: Sosialisasi Wajib Dilakukan Pemerintah Terkait Penerapan 3M

Menurut hasil survei yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), ada 1.094.691 orang penglaju dari Bodetabek. Jumlah yang cukup banyak itu rawan tertular Covid-19 pada saat pandemi seperti sekarang. Saat berangkat dan pulang kerja, terjadi kerumunan terutama di pusat-pusat transportasi.

Baca Juga :  Pengecualian, 1.000 Mahasiswa Internasional Boleh Masuk Selandia Baru

Untuk mencegah hal itu, kementerian ketenagakerjaan mengajak para tenaga kerja serta tempat kerja untuk menjaga kebersihan dan menjaga kesehatan. Tak hanya di kantor, namun di mana saja seperti di komuter. Ini adalah cara menerapkan GPS.

Menurut Ida, GPS sebagai upaya pencegahan penyebaran pandemi Covid-19. Ini merupakan wujud kepedulian pengusaha dan pekerja. “Gerakan Pekerja Sehat (GPS) merupakan implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang diperluas kegiatannya sesuai kebutuhan di tempat kerja,” kata Ida.

Baca Juga :  Vaksin Covid-19 Hanya Bertahan 6 Bulan

Dengan disosialisasikan GPS, maka pola hidup pekerja atau buruh yang kurang sehat dapat dikurangi. Yang bisa dilakukan pekerja misalnya melakukan aktivitas tubuh. Ida berharap agar pola hidup sehat menjadi budaya pekerja.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment