Meski Saat Ini Menurun, Pasar Big Bike Berpotensi Meningkat

KalbarOnline.com – Potensi pasar roda dua terutama kategori big bike masih terbuka. Manager Big Bike MPM Honda Jatim Yanuar Achmad mengatakan, big bike memiliki market khusus sehingga animo masih tinggi. ”Biasanya yang sudah memiliki big bike ingin melakukan upgrade, jarang yang pengguna baru. Ini potensi yang besar,” ujarnya Selasa (17/11).

Salah satu tipe big bike terbaru adalah CBR1000RR-R. Untuk kali pertama di Indonesia, MPM Honda menjual satu unit big bike yang memiliki kapasitas mesin sebesar 1.000 cc. ”Di Jatim, sejak 2018 lalu hingga sekarang sudah menjual 5 unit big bike berkapasitas mesin 1.000 cc, termasuk hari ini merupakan tipe terbaru,” ungkapnya.

Baca Juga :  Aventador ke Sepuluh Ribu Siap Mengaspal di Thailand

Secara global CBR1000RR-R diperkenalkan pada Februari lalu. Kemudian di Indonesia mulai diluncurkan sejak Agustus lalu. ”Tipe ini, baru ada lagi kemungkinan pada kuartal kedua 2021,” ungkapnya. Untuk itu, pihaknya akan menggunakan strategi pemasaran melalui komunitas-komunitas.

”Tapi memang pandemi berdampak pada penjualan big bike. Karena kegiatan touring sendiri juga dibatasi, belum diperbolehkan. Padahal strategi hard selling seperti itu cukup efektif mendorong penjualan,” lanjut Yanuar.

Baca Juga :  Ada Tiga Negara Dilarang Umrah, Kemenag Berharap Indonesia Diizinkan

Tahun ini, diperkirakan penjualan big bike turun 10 persen dibandingkan target. Seperti CBR500R terjual satu unit, kemudian tipe Rebel mampu menjual sebanyak 20 unit.

  • Baca Juga: Viral Ayla Tabrak CBR1000RR SP, LCGC vs Motor Berharga Rp 700 Jutaan

Pihaknya optimistis penjualan big bike ke depan berpotensi meningkat. ”Kalau pandemi berakhir dan sudah ada vaksin, kami optimistis bisa tumbuh,” tuturnya. Karena intensitas kegiatan bersama komunitas bisa meningkat.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment