6 Gaya Hidup Orang Jepang yang Patut Ditiru supaya Panjang Umur

Mau panjang umur? Belajarlah dari gaya hidup orang Jepang. Menurut penelitian, Jepang memiliki jumlah penduduk per kapita berusia lebih dari 100 tahun yang paling banyak dibandingkan dengan negara lain.

Selain faktor genetik, diet dan gaya hidup juga sangat memengaruhi panjangnya usia seseorang. Gaya hidup sehat menurunkan risiko terkena berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit jantung hingga diabetes tipe 2.

Geng Sehat bisa meningkatkan kesehatan dengan meminjam gaya hidup sehat orang Jepang. Yuk lihat apa saja gaya hidup orang jepang tersebut!

Baca juga: Mengapa Penting Menyenangkan Diri Sendiri?

6 Gaya Hidup Orang Jepang yang Patut Ditiru supaya Panjang Umur

Mau umur panjang? Ikuti beberapa gaya hidup orang Jepang di bawah ini:

1. Makan Rumput Laut

Diet sehari-hari orang Jepang terdiri dari banyak makanan berbahan dasar tanaman yang bernutrisi, namun rumput laut yang paling dikenal dan disukai. Tumbuhan-tumbuhan laut, seperti rumput laut, kaya akan mineral, seperti yodium, tembaga, dan zat besi, beserta antioksidan, seperti protein, zat besi, dan lemak omega-3.Gaya hidup orang Jepang yang suka makan rumput laut ini merupakan salah satu dari hal yang meningkatkan kesehatan mereka dan memperpanjang usia mereka.

2. Banyak Mengonsumsi Makanan Laut

Satu hal yang membuat diet sehari-hari orang Jepang sehat adalah banyaknya makanan laut di dalamnya. Jepang merupakan salah satu negara dengan kasus penyakit jantung paling rendah. Salah satu alasannya adalah karena mereka suka mengonsumsi makanan laut.

Baca Juga :  5 Olahraga di Rumah untuk Anak Selama Masa Pandemi

Setiap hari kebanyakan orang Jepang pasti mengonsumsi makanan laut. Ikan dan kerang-kerangan kaya akan protein dan rendah lemak jenuh. Hampir semua makanan laut mengandung asam lemak omega-3 juga, meskipun kadarnya berbeda-beda.

Mengonsumsi makanan laut dua kali sehari tidak hanya dapat meningkatkan kesehatan, namun juga meningkatkan kesehatan otak serta emosional. Enggak heran jika rata-rata orang Jepan sehat dan berumur panjang.

3. Minum Teh Hijau

Teh hijau adalah salah satu minuman paling sehat. Salah satu gaya hidup orang Jepang yang patut dicontoh adalah minum teh hijau setiap hari.Teh hijau kaya akan antioksidan polifenol yang dapat mengurangi inflamasi, melindungi sel-sel dari kerusakan, dan memberi makan bakteri baik di usus. Teh hijau yang tidak dicampur pemanis sangat baik untuk kesehatan. Yuk, biasakan minum teh hijau!

Baca juga: Polusi Udara di Dalam Ruangan, Berikut Cara Mengatasinya!

4. Makan Sampai Kamu Hampir Kenyang

Ada pepatah terkenal di Jepang, yaitu ‘hara hachi bu’, yang artinya makan sampai Kamu 80% kenyang. Dengan pola pemikiran seperti itu, Kamu makan sampai merasa nyaman, namun Kamu masih menyisakan sedikit ruang di dalam perut.

Pola pemikiran ini merupakan salah satu bentuk mindful eating atau makan secara sadar. Salah satu cara mengaplikasikan pola pemikiran ini adalah dengan bertanya kepada diri sendiri, “Seberapa lapar saya?” saat mau makan. Kemudian setelah mulai makan, coba tanya pada diri sendiri “Apakah saya masih lapar dan perlu makan beberapa kali sendok lagi?”. Selain itu, akan lebih baik juga jika Kamu makan secara lambat.

Baca Juga :  Waspadai Penyakit Musim Pancaroba di Masa Pandemi Covid-19

5. Mandi Hutan

Di Jepang, praktik shinrin-yoku atau mandi hutan diminati banyak orang. Mandi hutan adalah aktivitas menikmati suasana alam hutan. Kamu tidak perlu jogging lari, Kamu hanya perlu berdiam diri di hutan selama beberapa saat.

Saat sedang berada di alam, Kamu menggunakan semua indera, misalnya merasakan angin dan sinar matahari di kulit, menggunakan mata melihat berbagai warna hijau dan juga bentuk-bentuk tumbuhan. Hal ini dapat merileksasi tubuh dan pikiran.

Salah satu gaya hidup orang Jepang ini dapat menurunkan tekanan darah dan stres, serta meningkatkan sistem saraf parasimpatetik, yang membuat Kamu lebih tenang lagi.

6. Menjaga Hubungan Sosial

Menjaga silaturrahmi dan hubungan sosial merupakan bagian dari budaya dan gaya hidup orang Jepang. Ini juga menjadi alasan kenapa orang Jepang memiliki kesehatan fisik dan emosional yang lebih baik ketika sudah berusia tua. Maka itu, kalau Kamu merasa kesepian atau terisolasi, cobalah berhubungan dengan teman, keluarga, dan komunitas. (UH)

Baca juga: Arti Pohon Bagi Manusia, Salah Satunya Mengurangi Gejala Gangguan Mental

Sumber:

Today. Want to live longer? Borrow these 6 healthy habits from the Japanese. Agustus 2020.
The Taste. Don’t Diet, Change Your Lifestyle – 7 Japanese Secrets.

Comment