Categories: Teknologi

Zoom Perkenalkan Fitur Baru untuk Cegah Zoombombing

KalbarOnline.com – Meskipun Zoom sudah ada cukup lama, dapat dikatakan bahwa baru pada 2020 Zoom mulai familiar bagi banyak orang. Itu sebagai akibat dari orang-orang yang dipaksa untuk bekerja dan belajar dari rumah karena pandemi Covid-19. Ledakan popularitasnya juga membuat orang menemukan banyak kekurangan dan masalah keamanan aplikasi, yang salah satunya dikenal sebagai Zoombombing.

Zoombombing sendiri adalah masuknya penyusup untuk mengganggu konferensi virtual Zoom. Banyak cara dilakukan penyusup untuk mengganggu jalannya pertemuan virtual di Zoom namun yang paling mengganggu adalah tiba-tiba menampilkan gambar atau video tak senonoh dan suara-suara bising lainnya.

Mengatasi hal tersebut, Zoom kini memperkenalkan fitur barunya. Fitur baru yang dikenalkan Zoom akan membuat penyelenggara bisa menangguhkan aktivitas peserta.

Ini datang dalam bentuk kemampuan untuk melaporkan peserta yang mengganggu, di mana orang lain dalam rapat dapat melaporkan pengguna lain ke tuan rumah atau admin. Penyelenggara atau admin kemudian dapat menangguhkan aktivitas rapat sementara mereka menghapus pengguna yang mengganggu.

’’Di bawah ikon Keamanan, tuan rumah atau admin zoom dan rekan tuan rumah sekarang memiliki opsi untuk menjeda rapat mereka untuk sementara dan menghapus peserta yang mengganggu. Dengan mengklik ‘Tangguhkan Aktivitas Peserta’, semua video, audio, chat dalam rapat, anotasi, berbagi layar, dan perekaman selama waktu itu akan berhenti, dan Breakout Room akan berakhir,’’ ujar pihak Zoom dilansir dari blog resminya.

Zoom juga menggunakan alat yang memindai platform web dan media sosial untuk tautan Zoom Meeting yang dibagikan secara publik. Saat mendeteksi rapat yang sepertinya memiliki kemungkinan besar untuk diganggu, ini akan memberi tahu pemilik akun untuk memberi tahu mereka tentang apa yang harus dilakukan, seperti menghapus rapat dan membuat rapat baru. (*)

Saksikan video menarik berikut ini:

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Link Berita Soal Laporan Korupsi ke Kejati Kalbar Mendadak Hilang, Muncul Kode 404

KalbarOnline, Pontianak - Belakangan ini publik dihebohkan dengan laporan dugaan korupsi program Bantuan Stimulan Perumahan…

14 hours ago

Pelajar SMKN 01 Sintang Jawab Tantangan Rita, Buat Mobil Listrik Dalam 30 Hari

KalbarOnline, Pontianak - Pelajar SMK Negeri 1 Sintang Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) berhasil merakit sebuah…

14 hours ago

Windy Sebut Gawai Dayak Sangat Potensial Masuk ke Kalender Event Nusantara Kemenparekraf

KalbarOnline, Pontianak - Salah satu event wisata budaya yang digelar setiap tahun di Rumah Radakng,…

16 hours ago

Gawai Dayak di Pontianak Tahun Ini Akan Ada Karnaval Air

KalbarOnline, Pontianak - Pekan Gawai Dayak ke-XXXVIII Tahun 2024 Kalimantan Barat akan digelar pada 20…

16 hours ago

Sarina, Finalis Putri Hijabfluencer Kalbar 2024 Asal Kayong Utara

KalbarOnline, Kayong Utara - Sarina (18 tahun) lahir di Desa Penjalaan, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten…

24 hours ago

Hadapi Seleksi STQ dan TC, Pengurus LPTQ KKU Audiensi ke Pj Bupati Romi Wijaya

KalbarOnline, Kayong Utara - Pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Kayong Utara (KKU) melakukan…

24 hours ago