Setahun Lalu, Kasus Nol Korona Muncul di Wuhan Berawal dari Pneumonia

KalbarOnline.com – November 2020 merupakan momen setahun lalu seorang pasien nol di Wuhan, Tiongkok, mengeluhkan gejala pneumonia. Saat itu, 17 November 2019 sesuai laporan South China Morning Post, seorang individu berusia 55 tahun dari Provinsi Hubei, mengeluhkan gejala dan diduga sebagai pasien nol Covid-19.

Hanya saja, saat itu otoritas Tiongkok tidak secara resmi mengidentifikasi kasus pertama penyakit baru tersebut. Lalu hingga 8 Desember 2019 barulah penyakit itu dinyatakan sebagai akibat virus Korona jenis baru seperti dilansir dari NewsWeek, Kamis (19/11).

Selama minggu-minggu berikutnya, staf medis di Wuhan merawat puluhan pasien yang menderita pneumonia yang penyebabnya tidak diketahui. Para pasien dirawat karena berbagai gejala yang tidak dapat dijelaskan termasuk demam tinggi, batuk, dan masalah pernapasan. Pneumonia misterius yang tidak diketahui penyebabnya

Di antara orang-orang ini adalah pasangan lansia yang mencari perawatan di Rumah Sakit Pengobatan Terpadu Tiongkok dan sebelah barat Provinsi Hubei pada 26 Desember 2019. Seorang dokter di rumah sakit yang merawat pasangan itu, Zhang Jixian, kemudian mengatakan kepada kantor berita pemerintah Tiongkok, Xinhua, bahwa penyakitnya tampak seperti flu atau pneumonia biasa.

Akan tetapi, gambar CT scan mengungkapkan kelainan paru-paru yang bukan merupakan karakteristik dari salah satu penyakit ini. Zhang telah bekerja sebagai ahli medis selama wabah SARS yang berasal dari Tiongkok pada 2003, yang kemudian menewaskan lebih dari 800 orang di seluruh dunia.

Mengingat pengalamannya dengan epidemi ini yang disebabkan oleh patogen dalam keluarga virus Korona, dia memahami kemungkinan bahwa penyakit pasangan lansia tersebut dapat mewakili penyakit menular jenis baru. Setelah dokter melihat hasil CT scan pasangan itu, dia meminta agar putra mereka juga diperiksa.

Baca Juga :  Roket Hamas untuk ‘Para Pengkhianat’

“Awalnya putra mereka menolak untuk diperiksa. Dia tidak menunjukkan gejala atau ketidaknyamanan,” kata Zhang kepada Xinhua pada saat itu.

Akhirnya, putranya setuju untuk diperiksa, dengan hasil CT scan menunjukkan bahwa dia memiliki kelainan paru-paru yang sama dengan yang terdeteksi pada orang tuanya. “Tidak mungkin ketiga anggota keluarga itu tertular penyakit yang sama pada waktu yang sama kecuali benar bahwa penyakit itu menular,” kata Zhang.

Pada 27 Desember 2019, pasien lain tiba di rumah sakit karena menderita demam dan batuk yang ternyata juga memiliki kelainan paru-paru yang sama dengan ketiga anggota keluarga tersebut. Tes darah untuk pasien keempat ini dan keluarganya mengungkapkan bahwa mereka menderita infeksi virus, meski penyebab pasti dari gejala mereka tidak jelas, dengan tes influenza memberikan hasil negatif.

Zhang kemudian menyerahkan laporan kepada pejabat di rumah sakit yang melaporkan penemuan penyakit virus baru. Pada titik ini, masih belum jelas apakah penyakit tersebut dapat ditularkan antarmanusia atau tidak, tetapi dokter berspekulasi bahwa itu penyakit itu mungkin menular.

Menjadi semakin khawatir, Zhang menempatkan keempat pasien di area karantina sementara di rumah sakit dan memerintahkan staf medis untuk memakai alat pelindung diri. Pada 29 Desember2019, tiga pasien lagi datang dengan kelainan paru-paru yang serupa, mendorong rumah sakit untuk melakukan penyelidikan internal yang dipimpin oleh panel ahli seperti laporan China The Workers Daily melaporkan pada Februari 2020.

Semua pasien ini ditemukan telah terpapar ke pasar basah makanan laut Huanan di Wuhan. Begitu pula pasien keempat yang tiba di Rumah Sakit Provinsi Hubei dengan penyakit misterius.

Investigasi internal Rumah Sakit Provinsi Hubei menemukan bahwa kasus pneumonia yang tidak diketahui itu memerlukan penyelidikan lebih lanjut.
Hal ini mendorong penyelidikan lapangan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Wuhan mengaitkan penyebabnya dengan pasar.

Baca Juga :  Soal Hubungan AS-Tiongkok, Sekjen PBB: Berharap Ada Pengaturan Ulang

Pada hari yang sama, enam dari tujuh pasien penderita penyakit baru di Provinsi Hubei dipindahkan ke pusat medis lain, Rumah Sakit Jinyintan Wuhan, yaitu rumah sakit khusus penyakit menular. Pencarian CDC Wuhan menemukan beberapa kasus tambahan. Dan pada 30 Desember 2019, otoritas kesehatan dari provinsi Hubei melaporkan cluster pneumonia ke CDC Tiongkok. Pada titik ini, Komisi Kesehatan Kota Wuhan mengirimkan peringatan, memberi tahu lembaga afiliasinya tentang bagaimana menanggapi kemungkinan wabah pneumonia menular.

Dinyatakan 2019-nCoV pada 7 Januari 2020

Pada 7 Januari 2020 para ilmuwan Tiongkok mengonfirmasi bahwa virus Korona baru dijuluki 2019-nCoV. Virus itu adalah penyebab wabah pneumonia misterius.

Pada 24 Januari 2020, sekelompok ilmuwan Tiongkok menerbitkan laporan di The Lancet yang meneliti 41 kasus yang telah dirawat di rumah sakit. Studi ilmiah pertama yang ditinjau oleh rekan sejawat dan tersedia untuk publik tentang wabah tersebut menemukan bahwa 27 dari pasien ini telah terpapar ke pasar makanan laut Huanan, yang telah ditutup oleh otoritas Tiongkok pada 1 Januari 2020.

Kemudian 13 dari pasien dirawat di ICU dan 6 meninggal. Artinya menunjukkan angka kematian yang tinggi pada saat itu. Studi tersebut juga menemukan bahwa tanggal timbulnya gejala dari pasien pertama yang diidentifikasi adalah 1 Desember 2019. Hingga kini wabah menyerang telah 1 tahun, virus tersebut sudah merenggut nyawa hingga lebih dari 1,3 juta jiwa dan lebih dari 56 juta kasus positif Covid-19 di seluruh dunia.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment