by

Pentingnya Memiliki Dukungan untuk Jaga Kesehatan Mental

Support system merupakan komponen kunci dari hubungan yang kokoh dan kesehatan psikologis yang kuat. Pada dasarnya, support system melibatkan jaringan keluarga dan teman yang dapat dihubungi pada saat seseorang dengan risiko gangguan mental membutuhkan, seperti saat sedang dalam kondisi sulit atau merasa kesepian.

Walaupun begitu, support system bukanlah hubungan satu arah. Selain mengandalkan orang lain, orang dengan gangguan mental juga harus bisa berperan sebagai pendukung bagi banyak orang dalam kelompok support system yang dibangun.

Baca juga: 9 Cara Membahagiakan Diri Sendiri

Mengapa Support System Sangat Penting

Banyak pakar kesehatan mental sering mewanti-wanti tentang pentingnya memiliki support system yang kuat. Ketika menghadapi suatu hal yang besar, kadang kala kita perlu bersandar pada teman dan keluarga untuk mendapatkan dukungan.

Penelitian oleh American Psychological Association juga menunjukkan hubungan antara hubungan sosial dan berbagai aspek kesehatan dan kesejahteraan, di mana dukungan sosial yang buruk dikaitkan dengan depresi dan kesepian dan telah terbukti mengubah fungsi otak. Sebaliknya, memiliki support system yang baik juga berdampak positif pada kesehatan fisik dan mental.

Kita telah memahami bahwa support system memengaruhi aspek kehidupan sehari-hari, termasuk kesehatan. Dilansir dari laman Verywell Mind, iInilah pentingnya support system bagi kesehatan kita.

1. Pilihan dan perilaku sehat

Kelompok sosial memiliki pengaruh besar pada perilaku anggotanya, misalnya kebiasaan makan, olahraga, gaya hidup, dan sebagainya. Kelompok sosial terkadang dapat memberikan pengaruh negatif dalam hidup, jika anggota kelompok mengarah pada pilihan gaya hidup yang buruk. Namun, dukungan kelompok juga dapat membuat orang melakukan perilaku yang sehat.

Jika kamu sedang mencoba menghentikan kebiasaan buruk, seperti merokok atau minum, kamu akan menyadari betapa pentingnya memiliki support system. Jika hubungan sosial tidak mendukung tujuanmu, itu bisa membuat kamu kesulitan mencapai tujuanmu. Sebaliknya, jika teman dan keluarga menawarkan dukungan dan dorongan semangat, kamu mungkin akan lebih cepat mencapai tujuan.

2. Mengatasi stres

Stres terbukti berkaitan dengan berbagai masalah kesehatan yang serius, mulai dari melemahnya imunitas tubuh hingga meningkatnya risiko penyakit jantung. Dan memiliki support system dapat membantu individu untuk menghadapi stres.

Dikelilingi oleh individu yang peduli dan siap mendukung dapat membantu individu menghadapi tekanan yang dialaminya. Selain itu, penelitian dalam jurnal Psychology of Addictive Behaviors juga menunjukkan bahwa memiliki dukungan sosial yang kuat pada saat krisis dapat membantu mengurangi konsekuensi gangguan yang disebabkan trauma.

3. Meningkatkan motivasi

Memiliki support system juga dapat membantu individu untuk tetap termotivasi ketika berusaha mencapai tujuan. Orang yang mencoba meninggalkan gaya hidup tidak sehat, misalnya, seringkali merasa terbantu jika terhubung dengan orang lain yang secara aktif juga sedang mencoba mencapai tujuan yang sama. Sharing dengan orang-orang yang pernah mengalami pengalaman serupa sering kali dapat menjadi sumber inspirasi, motivasi, empati, dan dukungan.

Baca juga: 3 Tips Membantu Teman yang Sedang Kesulitan

Bagaimana Membangun Support System yang Baik

Sekarang kamu sudah tahu bahwa support system memainkan peran besar dalam perbaikan kesehatan secara keseluruhan. Jadi, yang perlu kamu lakukan saat ini adalah membangun support system yang tepat. Berikut ini beberapa tips yang bisa membantu kamu membangun support system dirangkum dari laman Highland Springs Clinic Org:

  • Pertimbangkan untuk bergabung dengan tim olahraga atau kelompok latihan untuk meningkatkan suasana hati, kesehatan fisik, dan memberimu kesempatan untuk berinteraksi dengan orang lain;
  • Tinjau lingkaran sosial dan hubungan keluargamu saat ini, lalu seleksi orang yang menawarkan nasihat paling positif namun jujur;
  • Bersikaplah terbuka dan belajar agar tidak gengsi untuk meminta bantuan saat membutuhkannya atau menerima tawaran bantuan dari orang lain seramah mungkin;
  • Cobalah aktivitas baru sendiri atau dalam kelompok untuk memperkenalkanmu pada wajah-wajah baru yang dapat memberikan pengaruh positif.

Jadi, demi kesejahteraan hidup, yuk bangun support system yang baik. Bisa dengan memperbaiki hubungan dengan anggota keluarga dan teman-teman, maupun bergabung dengan kelompoknya tertentu.

Baca juga: Begini Cara Agar Murah Senyum dan Jadi Orang Bahagia!

Sumber:

Verywellmind.com. Social support for psychological helath

Highlandspingsclinis.org. The benefit and importance of a support system.

Comment

News Feed