Pasti Diperkuat Dua Pemain Naturalisasi, Timnas Fokus Hajar Thailand

KalbarOnline.com – Timnas basket akan mengumumkan 12 pemain yang dibawa ke Manama, Bahrain. Mereka akan menjalani Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021.

Saat ini timnas berkekuatan 15 pemain. Posisi point guard diisi Andakara Prastawa Dhyaksa, Hardianus Lakudu, Yudha Saputera, dan Widyanta Putra Teja.

Untuk small man, ada Abraham Damar Grahita, Arki Dikania Wisnu, Agassi Yeshe Goantara, dan Govinda Julian Saputra. Sementara itu, untuk big man, ada Lester Prosper, Brandon Jawato, Vincent Rivaldi Kosasih, Juan Laurent Kokodiputra, Kevin Yonas Sitorus, Laurentius Steven Oei, dan Derrick Michael.

Manajer Timnas Basket Maulana Fareza Tamrella menjelaskan, dalam beberapa bulan terakhir, skuad asuhan Rajko Toroman berfokus memperbaiki sistem pertahanan dan menyerang.

Saat membangun sistem, dua pemain naturalisasi Lester Prosper dan Brandon Jawato sudah masuk skuad. ”Jadi, pemain yang bisa menjalankan itu (bertahan dan menyerang, Red) kemungkinan dipilih untuk mewakili kita di window kedua,” paparnya.

  • Baca Juga: Timnas Untung Besar, Dua Pemain Naturalisasi Bisa Tampil Bareng
Baca Juga :  Lifter 17 Tahun Indonesia Kembali Pecahkan Rekor Dunia Junior

Skuad Merah Putih bakal menjalani partai hidup mati untuk bisa melaju ke babak selanjutnya. Timnas akan melawan Thailand pada 28 November dan Korea Selatan dua hari setelahnya.

Sebagaimana diketahui, hanya dua tim terbaik dari setiap grup dari A–F yang otomatis lolos ke babak utama. Sementara itu, enam tim yang finis sebagai peringkat ketiga pada setiap grup bakal diadu kembali dalam babak kualifikasi selanjutnya.

Pada fase tersebut, enam tim bakal dibagi rata dalam dua grup dan bersaing dalam sistem setengah kompetisi. Dua tim terbaik dari setiap grup bakal lolos ke putaran final dan melengkapi komposisi 16 peserta FIBA Asia Cup 2021.

Karena itulah, melawan Thailand menjadi penentu bagi timnas untuk setidaknya mendapat jatah peringkat ketiga. Saat ini Indonesia berada di peringkat ketiga Grup A dengan 2 poin, unggul atas Thailand yang mengantongi 1 poin. Namun, timnas hanya unggul satu pertandingan.

Baca Juga :  Alasan Dua Pemain Naturalisasi Masuk dalam Skuad Tim Nasional Muda

Pada window 1, Indonesia kalah dengan skor 76-109 dari Korea Selatan dan kalah 70-100 ketika menghadapi Filipina. Sementara itu, Thailand baru memainkan satu laga dan berakhir dengan kekalahan 86-93 dari Korsel.

*Daftar 15 Pemain Timnas
1. Andakara Prastawa Dhyaksa (point guard/shooting guard)
2. Hardianus Lakudu (point guard)
3. Yudha Saputera (point guard)
4. Widyanta Putra Teja (point guard)
5. Abraham Damar Grahita (shooting guard)
6. Arki Dikania Wisnu (small forward)
7. Agassi Yeshe Goantara (shooting guard/small forward)
8. Govinda Julian Saputra (small forward)
9. Lester Prosper (center)
10. Vincent Rivaldi Kosasih (center)
11. Derrick Michael (center)
12. Brandon Jawato (power forward/small forward)
13. Juan Laurent Kokodiputra (power forward/small forward)
14. Kevin Yonas Sitorus (power forward/center)
15. Laurentius Steven Oei (power forward)

*Skuad bakal dipangkas menjadi 12 pemain

Comment