by

Mitos, Makan Pisang untuk Ibu Hamil Bikin Melahirkan Caesar

Selama kehamilan, Mums harus makan makanan sehat agar bayi di kandungan mendapatkan nutrisi yang tepat untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Itulah kenapa, Mums harus memasukkan buah-buahan dan sayuran segar ke dalam pola makan karena mengandung nutrisi penting seperti mineral dan vitamin yang memang dibutuhkan bayi di kandungan.

Namun, tidak semua buah-buahan bisa dimakan oleh ibu hamil lho! Konon, makan pisang tidak boleh selama kehamilan karena bisa mengganggu proses melahirkan secara alami. Ya, bukan rahasia umum kalau pisang dituding sebagai penyebab ibu hamil melahirkan secara caesar.

Well, Mums gak usah pusing atau khawatir karena itu hanyalah mitos belaka. Faktanya, pisang bermanfaat untuk kehamilan lho! Bahkan, sudah banyak penelitian yang membuktikannya.

Baca juga: Ini Alasannya Ibu Hamil Perlu Membatasi Makan Junk Food

Pisang Mengurangi Komplikasi Kehamilan

Ibu hamil membutuhkan makanan yang kaya serat, kalium, vitamin A dan C, asam folat, dan nutrisi penting lainnya untuk menjaga tubuh tetap kuat hingga bayi lahir. Buah-buahan dapat menjadi sumber terbaik bagi Mums yang lagi hamil untuk mendapatkan semua nutrisi penting tersebut. Contohnya ialah pisang, buah yang kaya akan sumber karbohidrat, serat, asam lemak esensial seperti omega-3 dan omega-6, vitamin C, vitamin B-kompleks.

Selain itu, pisang mengandung mineral seperti mangan, magnesium, kalium, kalsium, tembaga, dan selenium. Nah, kalium sendiri dapat membantu mengatur cairan dan tekanan darah dalam tubuh Mums dan mencegah kram kaki atau nyeri selama tahap akhir kehamilan. Itulah kenapa, pisang dapat meminimalkan beberapa komplikasi yang muncul selama kehamilan dan bisa bermanfaat bagi kesehatan ibu dan bayi.

Untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh dan elektrolit, ibu hamil membutuhkan sekitar 4.700 mg kalium per hari. Oleh karena itu, Mums yang lagi hamil boleh mengonsumsi sekitar satu hingga dua buah pisang ukuran sedang setiap harinya. Namun, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum mengonsumsinya setiap hari.

Ada beberapa hal yang perlu diwaspadai ibu hamil tentang pisang. Jangan mengonsumsi pisang terlalu matang jika Mums menderita diabetes gestasional karena bisa meningkatkan kadar gula dalam tubuh. Namun, secara umum, pisang cukup aman untuk penyandang diabetes, terutama yang belum terlalu matang atau berwarna kuning kecoklatan.

Beberapa orang akan mengalami reaksi alergi terhadap komponen lateks yang disebut kitinase yang ada dalam pisang. Itulah kenapa ibu hamil harus berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter kandungan sebelum memasukkan pisang ke dalam menu harian,” kata dr. Shikha Sharma, ahli nutrisi.

Baca juga: Jangan Lupa Rutin Minum Vitamin Selama Kehamilan Ya, Mums!

3 Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil

Mengurangi Gejala Anemia.

Kaya akan zat besi, pisang penting untuk dikonsumsi selama kehamilan. Salah satu masalah yang sering dialami ibu hamil ialah anemia yang disebabkan oleh rendahnya asupan makanan mengandung zat besi dan asam folat. Lantaran kaya akan zat besi, pisang dapat memfasilitasi produksi hemoglobin yang bisa mengurangi gejala anemia sekaligus menjaga ibu dan bayi di kandungan.

Mencegah Kelahiran Prematur.

Asam folat sangat diperlukan oleh ibu hamil untuk perkembangan saraf, otak, dan sumsum tulang belakang janin yang sedang tumbuh. Itulah kenapa, dokter kandungan akan memberikan suplemen asam folat setelah memastikan Mums hamil. Apabila kadar folat yang dimiliki ibu hamil rendah, bisa menyebabkan kelahiran prematur dan cacat lahir. Janin di kandungan bisa dengan mudah menyerap asam folat yang terkandung pada pisang.

Meredakan Sembelit.

Masalah utama yang sering dihadapi oleh ibu hamil ialah sembelit. Untuk mengatasi perut kembung dan mengatur pergerakan usus, sebaiknya ibu hamil rutin mengonsumsi pisang selama kehamilan. Itu karena, pisang kaya akan serat yang bisa melancarkan buang air besar.

Baca juga: Pisang untuk Mengatasi Sembelit? Cari Tahu Kebenarannya!

Referensi:

Firstcry. Eating Bananas During Pregnancy

All About Women. Fruits During Pregnancy: The Good, the Bad, and the Unhealthy

MomJunction. 9 Health Benefits Of Eating Bananas During Pregnancy

Parentune. 5 Reason to Eat Banana’s During Pregnancy

Comment

News Feed