Cerita Pasangan Lansia Relawan Uji Vaksin Pfizer yang Manjur 95 Persen

KalbarOnline.com – Kabar baik muncul terkait hasil akhir uji klinis vaksin Covid-19 dari Pfizer dengan tingkat kemanjuran hingga 95 persen. Salah satu subjek atau relawan yang menerima vaksin tersebut saat uji klinis yakni pasangan lansia asal Barboursville, West Virginia, Amerika Serikat, Randal Custer dan istrinya, Susan Whitmore.

Mereka menjadi relawan dalam bagian dari uji coba. Mereka mengatakan tidak pernah ada keraguan setelahnya dan saat ini merasa luar biasa sehat.

  • Baca juga: Diklaim Manjur, Ini Perbedaan Vaksin Covid-19 dari Pfizer dan Moderna

“Saya agak terkejut dengan reaksi ketika saya ditawari, ‘Baiklah, Anda akan melakukan uji coba vaksin, apakah Anda tertarik?’ Saya bilang, ‘mengapa tidak,” kata Randal Custer kepada istrinya, Susan Whitmore seperti dilansir dari Eyewitness News, Kamis (19/11).

Tanggapan dua kata sederhana itu mengubah hidup pasangan ini. “Saya menemukan satu di Columbus yang merupakan perusahaan riset bernama Pfizer,” kata Custer.

Pasangan itu mengambil bagian dalam uji coba di Pfizer untuk mendapatkan vaksin Covid-19. Baru minggu lalu, Pfizer merilis data awal yang menunjukkan vaksin Pfizer lebih dari 90 persen efektif. Dan hasil akhirnya kini sudah 95 persen.

Baca Juga :  Kunjungi Tunangan di Singapura, Pria Prancis Ternyata Positif Covid-19

Karena ini adalah eksperimen uji coba, tidak diketahui apakah peserta menerima plasebo atau vaksin Covid-19. “Plasebo dapat membuat Anda merasa pusing, atau Anda bahkan merasakan semacam gejala awal,” kata Associate Microbiology University West Virginia Profesor Ivan Martinez.

  • Baca juga: Kisah Penemu Vaksin Covid-19 yang Manjur, Sederhana, Rela Tak Liburan

“Sulit untuk diketahui. Sejujurnya, Pfizer dan Moderna sama-sama menunjukkan bahwa ada beberapa sisi kecil efek samping ketika mereka menyuntikkan vaksin,” tambahnya.

Custer dan Whitmore telah menyelesaikan kedua putaran uji coba, masing-masing mengatakan bahwa mereka optimis. Dan mereka tak takut menjadi relawan ketimbang harus meninggal karena Covid-19.

“Vaksin masalah ringan dibandingkan dengan kematian teman Anda. Kami punya tiga teman yang meninggal karena Covid-19,” kata Custer.

Whitmore mengatakan putrinya telah berbelanja untuk mereka sejak Maret dan melarang orang tuanya untuk ke luar rumah. “Saya mengatakan kepadanya, ‘sekarang setelah saya tahu bahwa saya telah mendapatkan vaksin, saya berkata mungkin saya harus berbelanja untuk Anda,” kata Whitmore tertawa.

Baca Juga :  Sinovac Pasok Vaksin Covid-19 sampai Maret 2021

Meski begitu mereka tetap disiplin memakai masker. “Orang perlu tahu bahwa mereka tetap perlu memakai masker. Perlu menjaga jarak sosial. Kami tidak mengadakan pesta Thanksgiving yang besar dengan keluarga dan teman,” tegasnya.

Para profesional kesehatan mengatakan bahkan ketika vaksin dirilis, pedoman keselamatan harus tetap dipatuhi. Pasangan lansia itu makin bersemangat dengan hasil uji coba vaksin dan mereka bersemangat karena menjadi bagian dari sejarah.

“Saya hanya satu dari 25 ribu orang yang akan memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam salah satu dari percobaan ini dan mengakhiri pandemi ini,” kata Custer.

“Saya memang merasa umur saya tak lama lagi. Tapi ini salah satu hal paling berharga yang pernah saya lakukan,” tegasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment