Kejar Target Honda Terus Dorong Penjualan Secara Online

KalbarOnline.com – Honda Prospect Motor (HPM) selaku distributor tunggal mobil merek Honda di Tanah Air menargetkan pangsa pasarnya di pasar otomotif tahun ini minimal 14,4 persen. Hal ini tak berbeda dengan target tahun lalu.

Dalam catatan penjualan yang terhimpun dalam Gabungan Industri Kendaraan bermotor Indonesia (GAIKINDO) mulai Januari hingga Oktober, pangsa pasar HPM sudah mencapai 13,7 persen. Untuk sementara ini Honda mennjadi pabrikan terbesar ketiga di Indonesia setelah Toyota dan Daihatsu dalam penjualan terbanyak.

“Pasar saat ini masih belum stabil, naik-turun. Kami tak mau muluk-muluk, kami memasang target minimal pangsa pasar tetap di 14,4 persen seperti tahun kemarin. Meskipun pasar otomotif turun drastis di tahun ini kami masih optimis,” ujar Yusak Billy, Business Innovation, Sales, and Marketing Director HPM, saat jumpa pers secara virtual dengan para wartawan.

Baca Juga :  Sebelum Modifikasi Knalpot Mobil Pertimbangkan Efek yang Muncul

Disisi lain dalam catatan GAIKINDO menerangkan total penjualan ritel mobil mencapai 453 ribu unit di periode Januari-Oktober tahun ini. Angka ini turun tajam sekitar 50 persen dibandingkan penjualan tahun lalu.

Baru-baru ini, Gaikindo pun mengubah prediksi pasar mobil tahun ini menjadi 525 ribu unit. Angka ini lebih rendah dari prediksi sebelumnya yaitu 600 ribu unit, alias turun 40 persen.

Terkait diskon akhir tahun, Billy menyatakan kalau pihaknya tidak pernah mengatur diskon untuk bisa mencapai target di dua bulan sisa tahun ini. Karena program diskon merupakan wilayah diler diberbagai darah. Kebanyakan diler memberikan diskon tergantung kebutuhan konsumen di wilayah itu dan potensi pasarnya.

Baca Juga :  Nissan Micra atau March Generasi Berikutnya Bakal Digarap Renault

“Sebagai agen pemegang merek, HPM tidak pernah mengatur diskon. Sekali lagi program diskon bergantung dari daerah masing masing, tergantung bagaimana kondisi stok dan permintaannya. Kami hanya atur program penjualan menarik, program yang mudahkan dan ringankan seperti DP ringan,” ujarnya dia.

Strategi yang dilakukan HPM terus dijalankan dengan mendorong penjualan secara online di dua bulan tekahir ini November-Desember. Karena terbukti berhasil, yang mana lebih dari 50 persen penjualan mobil Honda berasal dari online kala pandemi.

“Penjualan online saat ini memang kita terus kembangkan, kita tak menutup mata memanfaatkan teknologi yang terus memberikan kemudahan. Salah satu menjadi fokus kami adalah digitalisasi dalam segala hal,” pungkasnya.

Comment