by

Jalan IKK Tumbang Titi Sudah Jadi Renja Dinas PUTR Ketapang Sejak 2019

Jalan IKK Tumbang Titi Sudah Jadi Renja Dinas PUTR Ketapang Sejak 2019

KalbarOnline, Ketapang – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Ketapang, Sukirno menjelaskan, pelaksanaan pembangunan jalan IKK Tumbang Titi sudah menjadi rencana kerja Dinas PUTR di tahun 2019 kemarin.

“Kami merencanakan dalam rencana kerja yang akan dijadikan dasar untuk menyusun RKPD. Jadi Renja-renja SKPD itu akan dijadikan RKPD,” katanya, Rabu (18/11/2020).

Ia mengatakan, pada tahun 2019,  ada lima IKK yang dirancang untuk dilaksanakan di tahun 2020. IKK tersebut yakni IKK Tumbang Titi, Pemahan, Sandai, Air Upas dan IKK Manis Mata.

“Rencana kerja kami ditutup pada bulan Mei 2019. Bulan Mei kami terakhir memasukkan Renja ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. Bulan Mei kami sudah susun semua rencana pembangunan infrastruktur khususnya yang menjadi tugas pokok Dinas PUTR, itu semua sudah difinalisasi dan diserahkan ke Bapedda,” ucapnya.

Sukirno menjelaskan, masing-masing IKK masing masing diinput Rp1,5 miliar. Khusus IKK Tumbang Titi keluar Anggarannya Rp1 miliar. Berjalannya waktu terjadi pandemi Covid-19 yang membuat APBD Kabupaten Ketapang harus direfokusing.

“Kami diminta merefokusing sendiri anggaran di Dinas PU, belanja modal minimal 50 persen. Belanja barang dan jasa juga minimal 50 persen. Jadi paket pekerjaan itu (IKK Tumbang Titi) tinggal Rp300 juta,” ujarnya.

Sukirno mengatakan, saat ini proyek pekerjaan jalan tersebut telah selesai. Dengan target 280 meter, lebar empat meter (hotmik).

“Target saya kan Rp1,5 miliar, ternyata hanya diberi Rp1 miliar. Kena Covid-19 lagi jadi Rp300 juta. Kita anggarkan lagi di APBD perubahan Rp200 juta panjangnya sekitar 270an meter. Ini masih dalam proses pengadaan dan mungkin hari ini atau besok udah mulai kontrak,” terangnya.

Tak hanya tahun 2020, peningkatan jalan kecamatan tetap akan dilanjutkan pada tahun 2021. Sesuai dengan misi Bupati Ketapang yakni meningkatkan infrastruktur daerah.

“IKK harus cantik, jalan-jalan IKK harus bagus semua. Bukan hanya Tumbang Titi tapi semua IKK yang memang jalannya masih belum mantap, kita mantapkan,” pungkasnya.

Comment

News Feed