Contoh Thailand dan Singapura, Indonesia Harus Gotong Royong Patuhi 3M

KalbarOnline.com – Masyarakat Indonesia diminta untuk mencontoh negara-negara yang sudah berhasil menurunkan kasus Covid-19. Karena mereka disiplin mematuhi protokol kesehatan 3M yakni wajib memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun.

Negara-negara yang disebut berhasil menerapkan protokol yakni seperti Thailand dan Singapura. “Indonesia belajar dari negara-negara lain yang berhasil menekan kasus Covid-19 seperti Thailand dan Singapura,” tegas Juru Bicara Pemerintah Untuk Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, Rabu (18/11).

Menurutnya, masyarakat juga dapat berkontribusi dalam membantu pemerintah dengan disiplin protokol kesehatan di manapun di setiap aktivitas. Dia mengingatkan protokol kesehatan melindungi diri kita dan orang-orang terdekat.

Baca Juga :  Jelang Pensiun, Kapolri Idham Azis Ganti 9 Kapolres di Jabodetabek

“Indonesia adalah bangsa besar, bila berhasil tekan kasus aktif maka bisa berkontribusi tekan kasus aktif dunia. Di sisi lain, jika kita lengah akan berikan dampak buruk penanganan Covid-19 di dunia,” tukasnya.

Prof Wiku menegaskan dengan modal gotong royong di Indonesia, sudah seharusnya kesuksesan ini dapat juga kita raih. Menurutnya bersatunya elemen masyarakat melawan Covid-18 tanpa terbelah merupakan kunci kemenangan lawan pandemi ini.

“Peran aktif masyarakat, Pemda dan pemangku kepentingan lainnya dibutuhkan untuk tingkatkan 3T (Testing, Tracing, Treatment) dan melalui 3T ini maka kita dapat deteksi kasus positif dan kontak terdekat secara dini sehingga dapat ditangani lebih cepat,” ujarnya.

Baca Juga :  Tidak Ada Pemangkasan Insentif Tenaga Kesehatan

Menurutmya upaya 3T bukan tanggung pemerintah saja, masyarakat juga berperan dengan segera testing jika mengalami gejala. Masyarakat diimbau untuk lebih terbuka ketika tracing atau pelacakan kontak dilakukan untuk mengungkap kontak terdekat agar diberikan pelayanan kesehatan.

“Protokol kesehatan harus disiplin dilakukan, baik individu, masyarakat, maupun pelaku usaha. Apabila dilakukan dengan disiplin dan baik dpt menekan kasus. Ini modal untuk melakukan kegiatan ekonomi. Mari sama-sama disiplin menjalankan protokol kesehatan,” katanya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment