Tips Dapatkan Provider Wi-Fi Tepat untuk Penggunaan Internet di Rumah

KalbarOnline.com – Tren bekerja di rumah kian marak dilakukan oleh banyak orang dikarenakan situasi pandemi yang belum kunjung berakhir. Dalam masa darurat tersebut, semua kalangan masyarakat pasti diharapkan untuk tidak beraktivitas di luar ruangan dan lebih banyak berada di rumah.

Akan tetapi, walaupun tetap di rumah, tak sedikit karyawan kantor yang harus tetap bekerja. Tidak pergi ke kantor, para pekerja kantoran tersebut diharapkan tetap bisa menyelesaikan tanggung jawab pekerjaannya di rumah, atau dalam istilahnya work from home.

Mengingat beban pekerjaan harus diselesaikan di rumah, mau tidak mau Anda harus menyiapkan koneksi internet yang mumpuni agar bisa terhubung dengan mudah untuk urusan kantor. Sebenarnya, ada banyak provider internet berkualitas dan terpercaya yang bisa digunakan di rumah.

Namun, di tengah persaingan bisnis yang ketat, tak jarang masing-masing provider tersebut akan berlomba untuk memberikan tawaran paket internet yang lebih unggul dibanding para pesaingnya. Oleh karena itu, agar mendapatkan layanan internet yang terbaik dan paling menguntungkan, Anda tidak boleh asal sembarangan memilih provider.

Sebelum memutuskan untuk memasang Wi-Fi di rumah, simak dulu 4 tips memilih provider yang tepat berikut ini dari Cermati.com:

1. Tujuan Penggunaan Wi-Fi
Tips pertama dalam memilih layanan internet Wi-Fi untuk pemakaian di rumah adalah mengetahui tujuan dari pemasangannya. Sebagai contoh, jika untuk keperluan bekerja Anda sendiri saja, paket internet dengan kecepatan kurang dari 20 Mbps saja sekiranya sudah lebih dari cukup.

Namun, jika Anda juga akan menggunakan koneksi internet tersebut untuk hiburan, seperti streaming film ataupun bermain video game, barangkali Anda perlu mempertimbangkan paket internet dengan kecepatan jaringan lebih tinggi. Pasalnya, agar kegiatan tersebut bisa dinikmati dengan lebih leluasa, jaringan internet berkecepatan tinggi sepertinya perlu untuk disediakan.

Baca Juga :  Xiaomi Mi 11 Jadi Ponsel Pertama dengan Snapdragon 875 Dari Tiongkok

Pertimbangan lainnya adalah berapa banyak jumlah pengguna internet yang ada di rumah. Semakin banyak pengguna, tentu paket internet yang dipilih juga harus memiliki kecepatan yang lebih besar agar tidak lemot saat digunakan secara bersamaan. Dengan begitu, saat sudah mengetahui tujuan pemasangan Wi-Fi di rumah, Anda akan tahu perkiraan kecepatan internet yang dibutuhkan, serta besarnya biaya langganannya per bulan.

2. Ketahui Jangkauan Provider
Selain mengetahui tujuan pemasangan, Anda juga harus memeriksa kualitas jaringan internet dari sebuah provider dan pastikan menjangkau kawasan rumah Anda. Sebab, secepat apapun paket internet yang digunakan, jika jangkauannya terbatas, sinyal yang sampai ke rumah Anda tidak akan maksimal. Alhasil, kecepatan internetnya juga akan menjadi lemot dan tidak sesuai dengan yang dijanjikan oleh provider.

Masalah ini barangkali bukanlah perkara yang baru di Indonesia. Pasalnya, tak sedikit provider yang belum memiliki jangkauan layanan yang merata, khususnya di wilayah sudut kota dan pedesaan. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk menanyakan jangkauan layanan dari provider Wi-Fi yang akan digunakan agar tidak menyesal karena ternyata kekuatan sinyalnya tidak maksimal.

3. Bandingkan Harga Paket dengan Kualitas Layanan Serupa
Tak sedikit provider Wi-Fi yang ada di Indonesia menawarkan pilihan paket internet dengan kualitas yang tidak jauh berbeda. Sebagai contoh, setiap provider pasti memiliki paket internet dengan kecepatan 10 Mbps, 50 Mbps, hingga 100 Mbps.

Nah, dengan relatif samanya kualitas dari paket internet yang ditawarkan, Anda tentu wajib untuk membandingkan harga yang dibanderol oleh masing-masing provider tersebut. Walaupun memiliki kualitas yang sama, harga paket yang ditawarkan pastinya sedikit banyak memiliki perbedaan. Jadi, agar mendapatkan paket internet dengan harga termurah, jangan ragu untuk membandingkan harga yang ditawarkan oleh seluruh provider, ya!

Baca Juga :  Lengkapi Seri, Smartphone Lawas Samsung Dapat Pembaruan Android 10

Sebagai contoh, ada banyak provider internet dalam negeri yang sudah menawarkan paket internet dengan kualitas yang mumpuni seperti layanan paket internet Indihome, First Media, My Republic, Biznet, CBN, dll.

4. Pahami Budget yang Tersedia
Tips terakhir dalam memilih paket internet Wi-Fi untuk penggunaan di rumah adalah sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Di tengah krisis pandemi virus Korona ini, hampir semua kalangan masyarakat pasti mengalami penurunan pendapatan yang cukup signifikan.

Meski tetap bisa bekerja dan mendapatkan penghasilan dari rumah, Anda perlu memahami betul kondisi keuangan saat ini dan menentukan budget yang tersedia untuk berlangganan paket internet. Tidak hanya biaya berlangganannya saja, Anda juga perlu membayar ongkos pemasangan dan/atau menyewa router. Jangan lupa pula adanya tambahan biaya lain, seperti beban pajak 10% untuk dimasukkan ke anggaran.

Lancar Laksanakan Work from Home dengan Tepat Memilih Paket Internet Wi-Fi
Tak dapat dipungkiri jika pandemi ini banyak mengganggu aktivitas yang dilakukan oleh semua kalangan masyarakat, termasuk juga anjuran untuk bekerja dari rumah. Nah, agar kegiatan work from home Anda dapat berjalan lancar, pastikan untuk memasang paket internet yang tepat.

Dengan begitu, Anda akan mendapatkan kualitas internet Wi-Fi yang optimal dan juga harga berlangganan yang paling terjangkau.

Comment