Peluang Tim Karate Indonesia Lolos ke Olimpiade Masih Terbuka

KalbarOnline.com – Asa cabor karate untuk tampil dalam Olimpiade Tokyo 2020 masih terbuka. Peluang lolos melalui ranking memang sudah tertutup. Namun, masih ada jalan melalui kualifikasi dan wild card.

Event kualifikasi dijadwalkan berlangsung di Paris pada 11–13 Juni 2021. Kemudian, untuk wild card, bergantung kebijakan Federasi Karate Dunia (WKF) dan tuan rumah.

PB FORKI telah menunjuk dua karateka untuk bisa merebut tiket Olimpiade. Mereka adalah Cok Istri Agung Sanistyarani (55 kg) dan Ahmad Zigi Zaresta Yuda (kata). Mereka merupakan karateka Indonesia yang menduduki peringkat paling tinggi.

  • Baca Juga: Louvre Surabaya Mempersilakan Bali United Nego dengan Daniel Wenas
Baca Juga :  Sambut HUT ke-15, Prajurit Batalyon 644 Walet Sakti Gelar Aksi Donor Darah

Sebenarnya Coki –sapaan Cok Istri Agung Sanistyarani– sempat menduduki peringkat ke-12. Hanya, peringkatnya terus melorot karena tidak mengikuti pertandingan. Kini, Coki berada di peringkat ke-30.

’’Untuk bisa lolos (kualifikasi) minimal harus masuk tiga besar. Untuk kelas 55 kg itu, juga termasuk yang dari kelas 50 kg. Dijadikan satu kelas. Jadi, lawannya mungkin ada yang belum pernah bertemu,’’ kata Coki.

Baca Juga :  Gebuk Juara Dunia sampai Pingsan, Resmi Jadi Petinju Terbaik Oktober

Saat ini Coki memang masih berlatih di pelatda Bali. Namun, hal itu tidak menyurutkan semangatnya untuk bisa lolos ke Tokyo. Dia tidak ingin bergantung pada pemberian wild card.

’’Itu (wild card) kan opsi paling akhir. Kalau masih ada kesempatan, sekecil apa pun kan memang harus dikejar,’’ tegasnya.

Comment