by

Hal yang Tidak Disangka dapat Memengaruhi Kadar Gula Darah

Bagi penderita diabetes, cek gula darah secara rutin itu penting. Cek gula darah membantu Diabestfriends mengetahui apakah pengobatan sudah efektif, dan aktivitas apa yang dilakukan untuk menjaga agar kadar gula darah stabil.

Mungkin Diabestfriends terkadang heran dengan hasil cek gula darah. Pasalnya, Diabestfriends sudah menjalani diet yang dianjurkan dokter, olahraga rutin, dan menjalani pengobatan dengan disiplin. Tapi kenapa kadar gula darah tidak kunjung stabil?

Ternyata, ada beberapa hal yang tidak disangka dapat memengaruhi kadar gula darah. Apa saja hal yang tidak disangka dapat memengaruhi kadar gula darah tersebut? Berikut penjelasannya!

Baca juga: Mood Gampang Berubah, Awas Tanda Kadar Gula Darah Tidak Stabil!

Hal yang Tidak Disangka dapat Memengaruhi Kadar Gula Darah

Berikut sejumlah hal yang tidak disangka dapat memengaruhi kadar gula darah:

1. Sakit

Saat Diabestfriends sakit, tubuh memproduksi hormon yang meningkatkan kadar gula darah. Mungkin Diabestfriends tidak merasakannya, oleh sebab itu perlu cek gula darah saat sakit. Penting juga untuk konsultasi dengan dokter jika Diabestfriends sedang sakit untuk mengetahui pengobatan yang tepat untuk mengatasi kondisinya dan mengontrol kadar gula darah.

2. Stres

Tanpa disadari, kadar gula darah meningkat saat Diabestfriends stres. Hal ini disebabkan karena stres memicu respon fight or flight tubuh dan bisa memproduksi hormon yang dapat meningkatkan kadar gula darah.

3. Kurang Tidur

Tidur malam yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk setiap orang, khususnya untuk penderita diabetes. Tidur membantu tubuh kita istirahat dan mengatur hormon. Orang yang kurang tidur cenderung mengonsumsi lebih banyak makanan untuk mendapatkan energi, sehingga juga cenderung meningkatkan kadar gula darah.

Baca juga: Murah Meriah, Jambu Biji Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah

4. Waktu Makan dan Obat

BACA JUGA:  Minuman Manis Bisa Meningkatkan Kolesterol Jahat

Mengatur waktu makan dan obat dengan teratur sangat penting untuk penderita diabetes. Menjalani pengobatan secara teratur penting untuk mengontrol kadar gula darah. Sebagai contoh, kalau Diabestfriends terlalu cepat suntik insulin atau makan obat, maka bisa menyebabkan hipoglikemia. Sebaliknya kalau terlambat, Diabestfriends bis mengalami peningkatan kadar gula arah.

5. Kafein

Diabestfriends suka minum kopi? Ini bisa menjadi penyebab kadar gula darah Diabestfriends meningkat di pagi hari. Maka itu, sebaiknya batasi asupan kopi Diabestfriends.

6. Fenomena Fajar

Fenomena fajar adalah istilah untuk kondisi kadar gula darah tinggi di waktu fajar. Hal ini disebabkan karena tubuh tidak memproduksi insulin yang cukup untuk menyeimbangi peningkatan kadar gula darah di pag hari.

Banyak penderita diabetes yang memiliki kadar gula darah tinggi yang tinggi di pagi hari akibat fenomena fajar.

7. Insulin

Insulin digunakan penderita diabetes untuk menurunkan kadar gula darah. Namun, bagaimana kalau Diabestfriends sudah menggunakan insulin tapi kadar gula darah tetap tidak mencapai target? Ada beberapa hal yang bisa memengaruhi kerja insulin dalam tubuh:

  • Waktu penggunaan: Diabestfriends perlu mengatur waktu penggunaan insulin sesuai dengan waktu makan.
  • Dosis: penting untuk menggunakan suntik diabetes dengan dosis yang tepat.
  • Tanggal kedaluwarsa: tingkat efektivitas bisa turun jika insulin kedaluwarsa. (UH)
Baca juga: Apa itu Xerosis yang Bisa Jadi Tanda Kadar Gula Darah Terlalu Tinggi?

Sumber:

Healthline. 7 Surprising Things That Affect Blood Sugar Levels. Oktober 2020.
Gradel AKJ. Factors affecting the absorption of subcutaneously administered insulin: effect on variability. Juli 2018.
American Diabetes Association. Caffeine Increases Ambulatory Glucose and Postprandial Responses in Coffee Drinkers With Type 2 Diabetes. Februari 2008.
Schaper NC. Timing of insulin injections, adherence, and glycemic control in a multinational sample of people with type 2 diabetes: A cross-sectional analysis. Desember 2017.

Comment