Categories: Nasional

Din Syamsuddin Minta Petinggi KAMI Positif yang Korona Diselamatkan

KalbarOnline.com – Sejumlah tahanan Bareskrim Mabes Polri dikabarkan positif Covid-19, termasuk beberapa petinggi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI). Presidium KAMI Din Syamsuddin menyatakan, Polri perlu menyelamatkan semua tahanan dari wabah Covid-19.

“Sehubungan dengan hal tersebut KAMI meminta Polri untuk, demi kemanusiaan dan hukum, menyelamatkan semua tahanan,” kata Din Syamsuddin dalam keterangannya, Selasa (17/11).

Menurut Din, menyelamatkan para tahanan dapat dilakukan dengan membebaskan yang tuntunan hukumnya tidak dinyatakan bersalah, hingga bisa dilakukan dengan menangguhkan penahanan yang masih proses penyelidikan untuk dirawat di rumah sakit.

“Baik dengan membebaskan mereka yang sudah jelas tuntutan hukumnya tidak beralasan sehingga berkasnya dikembalikan oleh Kejaksaan Agung. Maupun menangguhkan atau membantarkan tahanan lain yang masih dalam proses penyelidikan ke rumah sakit,” cetus Din.

Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah itu pun mendesak pihak Bareskrim Polri mensterilkan ruangan tahanan dari wabah Covid-19. “Sangat mendesak pihak Polri mensterilkan ruang tahanan Bareskrim, karena telah menjadi klaster baru Covid-19,” pungkasnya.

Sebelumnya, sebanyak tujuh tahanan Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri dilaporkan terinfeksi Covid-19 di dalam Rumah Tahanan (Rutan). Sebagian besar dari mereka adalah para petinggi KAMI yang ditahan dalam perkara dugaan otak kerusuhan demo menolak Omnibus Law Undang-undang Cipta Kerja.

“Benar (tujuh tahanan Bareskrim positif Covid-19),” kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Senin (16/11).

Ketujuh tahanan itu diantaranya petinggi KAMI Jumhur Hidayat, Juliana, Novita Zahara dan Wahyu Rasasi Putri. Selain itu, Sugi Nur Rahardja juga dinyatakan positif Covid-19. Mereka sudah dikirim ke Rumah Sakit Polri Kramatjati, Jakarta Timur pada Minggu (15/11) pukul 20.15 WIB guna mendapat perawatan.

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Pj Gubernur Kalbar Resmikan GOR Terpadu Ayani Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Pembangunan Gelanggang Olahraga (GOR) Terpadu A. Yani Pontianak yang berlokasi di kawasan…

59 mins ago

Pemkot Pontianak Salurkan 41 Hewan Kurban, Salat Idul Adha Digelar di Depan Kantor Wali Kota

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak menyalurkan sebanyak 41 hewan kurban sapi untuk dibagikan…

3 hours ago

Pj Wako Sebut Persyaratan Lunas PBB di PPDB Sifatnya Edaran, Dilampirkan Saat Siswa Dinyatakan Diterima

KalbarOnline, Pontianak - Terkait pemberlakuan bukti lunas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sebagai salah satu…

3 hours ago

Kapolsek Pulau Maya Beri Pembinaan Cegah Bullying di SMP Negeri 03 Pulau Karimata Kayong Utara

KalbarOnline, Kayong Utara - Kapolsek Pulau Maya Karimata, IPDA Abu Mansur beserta personel Bhabinkamtibmas  mengunjungi…

3 hours ago

Pemkot Pontianak Larang Penggunaan Kantong Plastik untuk Daging Kurban

KalbarOnline, Pontianak - Pemerintah Kota Pontianak melarang panitia kurban menggunakan kantong plastik sebagai wadah daging…

3 hours ago

Segini Biaya Pembangunan GOR Terpadu Ayani Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Gedung Olahraga (GOR) Terpadu Ahmad Yani (A. Yani) di Kawasan Gelora Khatulistiwa…

3 hours ago