Segudang Manfaat Chia Seed Bagi Penderita Diabetes, Layak Dijadikan Santapan Ampuh Setiap Hari!

Masih dalam rangka memperingati Hari Diabetes Sedunia pada tanggal 14 November, penderita diabetes mesti diingatkan kembali untuk selalu mengelola penyakitnya dengan disiplin. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat yang tidak berdampak pada kenaikan gula darah. Akhir-akhir ini, makanan sehat yang tengah populer adalah chia seed, atau biji chia. Apakah penyandang diabetes pun bisa mendapatkan manfaat jika mengonsumsi biji chia?

Chia seed telah dikenal luas sebagai makanan yang baik untuk menurunkan berat badan. Namun sebenarnya chia seed memiliki manfaat yang jauh lebih besar lagi, namun sayangnya tidak tersorot. Berikut ini beberapa manfaat chia seed bagi penderita diabetes.

Baca juga: Ketahui Kandungan dan Manfaat Chia Seed untuk Kesehatan

Manfaat Chia Seed bagi Penderita Diabetes

Diabetes merupakan penyakit kronis yang tidak dapat disembuhkan, namun dapat dikontrol. Kuncinya terletak pada pola makan dan olahraga. Penderita diabetes harus berhati-hati agar kadar gula darah, lemak, dan tekanan darah ada dalam kondisi baik. Hal ini dapat tercapai dengan jenis dan porsi makanan yang tepat.

Chia seed dengan segala kandungnya dapat membantu mencapai hal tersebut, berikut penjelasannya.

1. Chia seed memiliki indeks glikemik yang rendah

Kadar gula darah penderita diabetes harus selalu dalam kondisi stabil. Kadar gula darah tidak boleh terlalu tinggi ataupun terlalu rendah, karena keduanya akan memperburuk kondisi penderita. Oleh karenanya,makanan yang dikomsumsi sebaiknya merupakan makanan yang tidak secara cepat menaikkan kadar gula darah.

Seberapa cepat makanan menaikkan gula darah ditentukan dari indeks glikemik yang dimilikinya. Semakin rendah indeks glikemik suatu makanan , maka akan semakin lambat makanan tersebut menaikkan gula darah dan begitu juga sebaliknya. Jika indeks glikemik makanan tersebut tinggi, maka gula darah akan meningkat dengan cepat. Salah satu contoh makanan dengan indeks glikemik rendah ialah chia seed.

Baca juga: Miliki Indeks Glikemik Rendah, Apa Saja Buah yang Aman untuk Penderita Diabetes?

2. Chia seed menaikkan HDL dan menurunkan LDL

Penderita diabetes rentan terhadap penyakit jantung dan pembuluh darah, oleh karenanya mereka juga harus memerhatikan kandungan lemak baik (HD) dan lemak jahat (LDL) dalam darah mereka. Penderita diabetes harus mengupayakan agar kandungan HDL tinggi dan sebaliknya LDL rendah. Chia seed terbukti ampuh menaikkan HDL dan menurunkan LDL.

Baca Juga :  Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan

4. Chia seed dapat menurunkan tekanan darah

Berbagai penelitian telah berhasil membuktikan khasiat chia seed dalam menurunkan tekanan darah. Hal ini karena kandungan omega-3 yang dimiliki oleh chia seed. Khasiat tersebut sangatlah penting bagi penderita diabetes.

5. Chia seed dapat menurunkan berat badan

Penelitian telah membuktikan bahwa penurunan berat badan akan menurunkan kadar gula darah penderita diabetes dengan berat badan berlebih. Oleh karena itu khasiat chia seed dalam menurunkan berat badan menjadi sangat penting bagi penderita diabetes terkhususnya penderita diabetes dengan berat badan berlebih.

Baca juga: Gemuk Tapi Sehat, Mungkin Enggak Sih?

Aturan Mengonsumsi Chia Seed

Walaupun chia seed memiliki banyak manfaat, seperti makanan lainnya, namun chia seed tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Jumlah maksimal yang direkomendasikan adalah 1,5 sendok makan dan dua kali sehari. Hal ini karena komsumsi serat yang terlalu tinggi dapat menimbulkan konstipasi.

Baca Juga :  Tingkatkan Layanan Kesehatan di Daerah Terpencil, Bupati Kapuas Hulu Kunker ke Dusun Long Leme

Chia seed juga tidak boleh dikomsumsi dalam kondisi kering. Chia seed mengembang dalam air. Jika chia seed dikomsumsi dalam kondisi kering dan dalam jumlah banyak, dikhawatirkan akan mengembang di kerongkongan dan membuat kita tersedak. Chia seed dapat dikomsumsi dengan merendamnya terlebih dahulu selama setidaknya 10-15 menit.

Walaupun chia seed memiliki banyak manfaat terutama bagi penderita diabetes, mengonsumsi chia seed semata tidaklah cukup. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, kunci dalam menangani diabetes adalah makanan dan olahraga. Penderita diabetes tetap harus berolahraga secara teratur, karena olahraga telah terbukti efektif dalam mengendalikan gula darah.

Penderita diabetes juga tetap harus memerhatikan makanan lain yang mereka komsumsi. Mengonsumsi chia seed tidak membuat penderita diabetes bebas memakan santapan lain secara berlebihan. Jika chia seed disantap dengan satu piring roti coklat, gula darah tentu akan melambung tinggi.

Walau demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa chia seed adalah santapan yang mudah diolah dan berkhasiat, oleh karenanya chia seed merupakan pilihan yang tepat untuk disantap saat makan pagi, makan siang, makan malam ataupun sebagai cemilan. Bagaimana, sudahkah Diabestfriend tertarik untuk mencobanya?

Baca juga: 6 Sumber Karbohidrat yang Aman untuk Penderita Diabetes

Sumber:

Chia flour supplementation reduces blood pressure in hypertensive subjects.Pubmed

Use Chia Seed with Caution, Researcher Warns. WebMd

Chia seed. Harvard T. H. Chan

Comment