Satgas: Pemberian Masker di Acara Rizieq Shihab Bukan Bentuk Dukungan

KalbarOnline.com – Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Doni Monardo menyampaikan alasan memberikan 10 ribu masker dan hand sanitizer dalam acara yang digelar Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Pada Sabtu (14/11) malam, Rizieq menggelar pesta pernikahan putrinya dan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Doni menegaskan, pemberian masker dan handsanitizer bukan mendukung acara Rizieq. Menurutnya, itu merupakan langkah terakhir untuk melindungi masyarakat agar tidak terpapar Covid-19.

  • Baca juga: Rizieq Shihab Didenda Rp 50 Juta Karena Langgar Protokol Kesehatan

“Jalan terakhir adalah pemberian masker, semata-mata adalah untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat. Pemberian masker ini bukanlah merupakan bagian dari upaya mendukung acara,” kata Doni di Wisma Atlet Kemayoran, Minggu (15/11).

Baca Juga :  Jokowi Minta Semua Pihak Siap Hadapi Bencana Hidrometeorologi

Doni menyatakan sejak awal sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait kerumunan yang ditimbulkan Riziek Shihab. Kerumunan tersebut pertama kali terjadi pada kepulangannya dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Petamburan, Jakarta Pusat, pada Selasa (10/11).

  • Baca juga: Rizieq Disanksi Rp 50 Juta, Jamaahnya Kena Rp 1,5 Juta

Doni yang juga Kepala BNPB meminta maaf jika terdapat masyarakat yang menyayangkan pemberian masker kepada Rizieq Shihab. Namun, dia menegaskan, pemberian masker semata untuk melindungi masyarakat dari wabah Covid-19.

Baca Juga :  Menag Beri Tanggapan Soal Pelaporan Terhadap Din Syamsuddin

“Mohon maaf apabila langkah-langkah yang telah dilakukan ini mungkin banyak pihak yang kurang menyenangkan, ini semata-mata demi memberikan perlindungan terbaik kepada bangsa,” tegas Doni.

Oleh karena itu, Doni mengharapkan masyarakat yang ingin menggelar acara dengan mendatangkan banyak massa dapat ditunda terlebih dahulu. Hal ini semata untuk mencegah penularan Covid-19.

“Sekali lagi kepada semua pihak terutama tokoh-tokoh yang masih memiliki keinginan untuk menyelenggarakan acara-acara yang menciptakan kerumunan, tolong ini ditunda dulu. Sampai dengan kondisi betul-betul bisa kita kendalikan,” tandas Doni.

Comment