Kecam Jerman Tak Mau Jual Senjata, Menlu Saudi: Kami Tidak Butuh Peralatan Militer Mereka

KalbarOnline.com – Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir mengkritik keras pemerintahan Jerman karena enggan mengekspor senjata ke kerajaan. Dia menyebut, larangan itu sangat salah dan tidak logis. Emosi, Adel pun mengatakan jika kerajaan tidak membutuhkan peralatan militer dari Jerman.

Seperti diketahui, beberapa negara Eropa telah menghentikan penjualan senjata ke Riyadh setelah meluncurkan kampanye militer pada 2015 di negara tetangga Yaman itu. PBB sendiri menyebut krisis kemanusiaan di Yaman terburuk di dunia.

“Ide bahwa penjualan senjata dihentikan ke Arab Saudi karena perang Yaman menurut saya tidak masuk akal,” kata Menteri Luar Negeri Adel al-Jubeir dilansir dari Aljazeera, Senin (16/11/2020).

“Kami pikir itu salah karena kami pikir perang di Yaman adalah perang yang sah. Kami dipaksa untuk berperang, “katanya kepada kantor berita Jerman, dpa.

Setelah diperpanjang beberapa kali, larangan Jerman atas ekspor senjata sekali lagi akan dibahas dalam beberapa minggu mendatang karena tenggat waktu terakhir, 31 Desember semakin dekat.

Baca Juga :  Klaim Temukan Obat Herbal Covid-19, Gelar Profesor dan Ahli Mikrobiologi Hadi Pranoto Palsu?

Koalisi Kanselir Jerman Angela Merkel setuju pada Maret 2018 untuk mencegah pengiriman senjata ke negara mana pun yang terlibat langsung dalam perang di Yaman.

Sebelum pelarangan itu, Jerman melakukan bisnis cepat dengan kerajaan dengan volume ekspor 450 juta euro ($ 550 juta) pada kuartal fiskal ketiga tahun 2017, menurut penyiar Jerman Deutsche Welle.

‘Tidak membuat perbedaan’

Arab Saudi telah berperang di Yaman sejak Maret 2015, ketika sebuah koalisi yang dipimpin oleh kerajaan kaya minyak itu melancarkan kampanye pengeboman udara yang bertujuan untuk melawan pemberontak Houthi yang berpihak pada Iran dan memulihkan kembali pemerintahan Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi yang diakui secara internasional.

“Kami dapat membeli senjata dari sejumlah negara, dan kami melakukannya. Mengatakan kami (Jerman) tidak akan menjual senjata ke Arab Saudi tidak akan membuat perbedaan bagi kami,” kata Al Jubeir.

Baca Juga :  Langgar Konstitusi, Fahri Hamzah: MK Bisa Batalkan Total Isi UU Cipta Kerja

Ia juga menegaskan, Arab Saudi tak ingin menekan Jerman atas masalah tersebut. “Saya hanya mengatakan bahwa orang perlu melihat ini dari perspektif yang seimbang,” sambungnya.

Arab Saudi adalah importir senjata terbesar dunia, menghabiskan $ 16,9 miliar untuk senjata dalam periode antara 2014 dan 2018, menurut Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm (SIPRI). Setidaknya $ 4,9 miliar dihabiskan untuk senjata Eropa.

Kelompok hak asasi manusia telah mengkritik koalisi pimpinan Saudi atas serangan udara yang telah menewaskan warga sipil di rumah sakit, sekolah dan pasar, dan mendesak pemerintah Barat untuk menghentikan ekspor senjata ke Arab Saudi dan sekutunya dalam konflik yang buntu.

Lebih dari 100.000 orang telah tewas dalam perang tersebut, menurut Lokasi Konflik Bersenjata dan Data Peristiwa – termasuk 12.000 warga sipil. Menurut Program Pangan Dunia PBB, 24 juta orang Yaman membutuhkan bantuan kemanusiaan, sementara 20 juta tidak aman pangan. [ind]

Comment