Dahsyat, Lifter Indonesia 17 Tahun Juara Dunia dan Catat 3 Rekor Dunia

KalbarOnline.com – Rizki Juniansyah berhasil memenuhi target di Kejuaraan Dunia Remaja Virtual 2020. Dia menyapu bersih tiga emas. Rizki juga mempertajam rekor dunia miliknya.

Dalam kejuaraan dengan tuan rumah di Lima, Peru, tersebut, Rizki unggul jauh dari para pesaingnya. Dia mencatatkan snatch 145 kg, clean and jerk 180 kg, dengan total angkatan 325 kg.

Selain itu, Rizki melampaui rekor dunia remaja kelas 73 kg. Dia mempertajam rekor snatch dari 139 kg ke 145 kg, clean and jerk 171 kg ke 180 kg, dan total angkatan 307 kg ke 325 kg.

Rizki pun puas dengan hasil tersebut. Namun, dia tak ingin terlena. ’’Saya tidak mau (kemenangan) sampai di sini saja. Ada beberapa yang masih harus saya perbaiki. Misalnya, angkatan clean and jerk yang harus bisa tembus 185 kg,’’ ujar lifter 17 tahun itu.

  • Baca Juga: Lifter 16 Tahun Indonesia Pemegang Rekor Dunia, Jadi Juara Dunia 2020
Baca Juga :  Lifter Indonesia Pemilik Dua Rekor Dunia Junior Turun di Ajang Dunia

Dalam pertandingan yang berlangsung pada Minggu (14/11) dini hari itu, Rizki sempat gagal. Salah satunya saat angkatan snatch 150 kg. Juga, angkatan ketiga clean and jerk 185 kg.

Di sisi lain, menurut pelatih Dirdja Wihardja, hasil yang diraih Rizki sudah cukup baik. Bahkan, bisa dikatakan mendekati level senior. Hal itu sejalan dengan misi PB PABSI untuk mempersiapkan atlet menuju Asian Games 2022.

Baca Juga :  Dominasi Ducati dalam Balapan yang Luar Biasa Dramatis

’’Dasar-dasarnya harus diperbaiki lagi. Misalnya, penguatan otot-otot pinggangnya. Dilihat dari hasil kemarin, sebenarnya masih bisa lebih dari itu. Tapi, ya ini sudah bagus,’’ kata Dirdja.

Sebelumnya, lifter 16 tahun Muhammad Faathir sukses meraih dua emas Kejuaraan Dunia Remaja Virtual 2020 Kamis waktu Peru alias Jumat dini hari WIB.

Faathir mendapatkan emas di kategori clean and jerk dan total angkatan. Pada kejuaraan yang untuk kali pertama dilangsungkan secara online itu, Faathir membukukan total angkatan 263 kg. Itu dengan rincian snatch: 113 kg dan clean & jerk: 150 kg.

Comment