Cabai Bikin Panjang Umur, Ini Hasil Penelitiannya!

Berbahagialah Geng Sehat yang gemar makanan pedas. Penelitian yang belum lama ini dirilis menyatakan bahwa mengkonsumsi cabai dapat mengurangi risiko kematian. Penurunannya pun cukup signifikan, yakni hingga 25%.

Ada empat penelitian internasional berskala besar yang menyatakan manfaat cabai untuk memperpanjang umur ini. Konsumsi cabai dikaitkan dengan penurunan 25% kematian karena sebab apapun, 26% kematian akibat penyakit kardiovaskular, dan 23% lebih penurunan kematian akibat kanker, dibandingkan dengan orang yang tidak pernah atau jarang mengonsumsi cabai.

Hasil penelitian tentang manfaat cabai yang bisa menurunkan angka kematian ini akan dipresentasikan pada Sesi Ilmiah Asosiasi Ahli Jantung Amerika 2020, yang berlangsung 13-17 November 2020. Ingin tahu di ada apa di balik cabai hingga manfaatnya sangat dahsyat? Simak penjelasan berikut.

Baca juga: Mau Kurus, Coba Diet Cabai!

Manfaat Cabai untuk Kesehatan Melalui Banyak Penelitian

Sebelumnya, beberapa penelitian sudah menemukan bahwa makan cabai memiliki manfaat untuk kesehatan. Cabai berperan sebagai zat anti peradangan, antioksidan, antikanker dan bahkan menurunkan gula darah.

Baca Juga :  9 Bunga dengan Manfaat Kesehatan dan Kecantikan

Semua manfaat cabai tersebut didapatkan dari kandungan capsaicin, zat yang memberi cabai karakteristik pedas saat dimakan. Penelitian yang terbaru pun kemudian dilakukan. Tujuannya untuk menganalisis efek cabai pada semua penyebab dan kematian penyakit kardiovaskular. Penelitian ini menyaring sekitar 4.729 studi dari lima database kesehatan global terkemuka (Ovid, Cochrane, Medline, Embase dan Scopus).

Di akhir penyaringan data, peneliti akhirnya memutuskan melakukan analisis pada empat studi besar yang langsung mengaitkan cabai dengan manfaat kesehatan bagi yang rajin mengonsumsinya.

Dalam empat studi tersebut, dianalisis pola makan dari 570.000 orang di Amerika Serikat, Italia, Cina, dan Iran. Kemudian dibandingkan hasilnya antara mereka yang mengonsumsi cabai dengan mereka yang jarang atau tidak pernah makan cabai.

Dari sinilah nampak jelas bahwa dibandingkan dengan individu yang jarang atau tidak pernah makan cabai, orang yang hobi makan cabai memiliki keuntungan, berupa:

– penurunan kematian akibat penyakit jantung dan pembuluh darah sebesar 26%

– penurunan kematian akibat kanker hingga 23%

– penurunan semua penyebab kematian sebesar 25%.

Baca Juga :  Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Perut Kosong

Baca juga: Ini Cabai Terpedas di Dunia! Berani Coba?

Salah satu peneliti senior, Bo Xu, M.D., seorang ahli jantung di Cleveland Clinic’s Heart, Vascular & Thoracic Institute di Cleveland, Ohio memberikan komentar, bahwa penelitian ini menunjukkan bahwa faktor makanan berperan penting dalam kesehatan secara keseluruhan.

Menurutnya, belum diketahui dengan pasti mengapa cabai bisa memiliki manfaat sebesar itu dalam menurunkan angka kematian. Ke depan, ia berharap akan dilakukan penelitian yang lebih besar lagi, untuk mengetahui mekanismenya.

Namun, dalam penelitian kali ini jumlah dan jenis cabai yang dikonsumsi bervariasi sehingga sulit untuk menarik kesimpulan tentang seberapa banyak, seberapa sering, dan jenis cabai apa yang paling bermanfaat.

Nah Geng Sehat, apakah Kamu termasuk yang suka makan cabai? Atau mengingat manfaatnya, apakah Geng Sehat ingin mulai rutin mengonsumsinya mulai sekarang?

Baca juga: Ingin Makan Pedas Saat Hamil? Ketahui Dulu Beberapa Hal Berikut!

Referensi:

Newsroom.heart.org. People who eat chili pepper may live longer.

Comment