by

MTAMT Lanjutkan Perayaan Maulid Tradisional di Dusun Gonis

MTAMT Lanjutkan Perayaan Maulid Tradisional di Dusun Gonis

Terapkan protokol kesehatan ketat

KalbarOnline, Sekadau – Majelis Taklim Al-Barzanji Maulid Tradisional (MTAMT) kembali melaksanakan perayaan maulid tradisional. Kali ini dilaksanakan di Masjid Nurul Hidayah Dusun Gonus, Desa Merapi yang dilaksanakan secara sederhana dan terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan, Minggu (15/11/2020).

Dalam maulid tradisional ini juga diisi dengan budaya lokal setempat seperti gunting rambut anak balita dan diiringi dengan lantunan Sholawat kepada Baginda Rasulullah.

Turut hadir Kepala Desa Merapi, Saleh, Ketua Masjid Nurul Hidayah, Abdul Latif, Ketua MTAMT, Haji Abdul Bakar, alim ulama kabupaten Sekadau dan tokoh-tokoh masyarakat Dusun Gonis.

“Alhamdulillah kegiatan ini masih bisa dilaksanakan, mengingat sekarang masih dalam suasana pandemi Covid-19. Di mana kerumunan menjadi sesuatu yang dilarang dan menjaga jarak serta diam di rumah menjadi sesuatu yang dianjurkan. Dan disini kita selalu mengikuti protokol kesehatan disini kita menyediakan tempat cuci tangan,” ujar Kades Merapi.

“Jamaah juga kita sarankan datang ke tempat acara harus pakai masker,” timpalnya.

Menurut Kades, banyak manfaat yang bisa dipetik dari perayaan maulid tradisional. Selain itu pula, kata dia, sebagai wadah silaturahim, mempererat persaudaraan dan menjadi wadah diskusi.

“Maulid tradisional merupakan membina mental kebersamaan dan kegiatan maulid tradisional adalah budaya yang muncul di tengah semangat umat. Tentu harus dipertahankan dan diperbaiki supaya lebih menarik sebagai ajang menambah kecintaan kita kepada Rasulullah serta bagian dari amal jariah kita,” tukasnya.

Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan permohonan maaf apabila ada kekurangan dalam acara baik dari pelayanan dan sajian oleh panitia Maulid di Dusun Gonis ini. (Mus)

Comment

News Feed