Massa di Pernikahan Putri HRS Berpotensi Tingkatkan Kasus Covid-19

KalbarOnline.com – Pakar Epidemiologi Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono menyatakan akan ada potensi peningkatan kasus Covid-19 dari kerumunan massa dalam pesta pernikahan putri Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta Pusat. Potensi timbulnya klaster Petamburan itu karena banyaknya massa yang hadir dalam acara tersebut tanpa menerapkan protokol kesehatan seperti jaga jarak.

“Setiap kerumunan, ini hukumnya covid ya, covid tuh punya regulasi, selain pemerintah punya regulasi, Covid juga punya regulasi. ‘Covid bilang saya akan menularkan pada orang lain, kalau orang-orang yang banyak berkumpul, kemudian kalau mereka tidak mempraktikan 3M’,” kata Pandu dihubungi KalbarOnline.com, Minggu (15/11).

  • Baca Juga: BNPB Harusnya Imbau Tak Timbulkan Kerumunan, Bukan Bagi-bagi Masker!
Baca Juga :  Sudah 160.165 Orang Terinfeksi Covid-19, 115.409 Diantaranya Sembuh

“Kalau hukum pemerintah tidak diikuti, maka hukum covid yang berlaku,” sambungnya.

Pandu menyampaikan, terjadinya kerumunan sangat besar terjadinya penyebaran Covid-19. Hal ini pun diketahui setelah terjadinya peningkatan kasus pasca libur panjang pada akhir Oktober 2020.

“Potensial peningkatan klaster (. Kemarin juga liburan panjang juga potensial peningkatan kasus, sekarang sudah mulai meningkat,” beber Pandu.

Pandu menyatakan, massa yang hadir dalam acara pesta pernikahan Syarifah Najwa Shihab pada Sabtu (14/11) malam, bukan hanya dari Jakarta, tapi juga daerah lainnya. Pandu menyebut, jika mereka terpapar Covid-19, juga berpotensi menularkan daerah asalnya.

Baca Juga :  Cepat Lambat Usulan Pj Wali Kota Pontianak, Pengamat: Jangan Hambat, Kasihan Rakyat

“Bahkan orang yang nggak dateng, yang nggak bersentuhan malah terkena juga, biasanya tamunya kan melakukan perjalanan, yang dateng kan bukan hanya dari Jakarta, dari daerah lain kalau dia terpapar bisa menimbulkan di daerahnya. Jadi ini masalah nasional, mungkin nggak tau jamaah HRS itu dari mana saja,” pungkasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment