by

Jadi Juara Dunia 2020, Joan Mir: Percayalah Kamu Bisa Mencapai Mimpimu

KalbarOnline.com-Bintang Suzuki Ecstar Joan Mir sukses menjadi juara dunia MotoGP 2020. Dia adalah pembalap Suzuki pertama yang jadi kampiun di MotoGP atau 500cc sejak 2000.

Sebelum Mir, pembalap asal Amerika Serikat Kenny Roberts, Jr menjadi kampiun di kelas premier. Keberhasilan Mir ini adalah sebuah hadiah yang hebat bagi Suzuki yang merayakan hari ulang tahun ke-100.

Pada GP Valencia yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo malam ini (15/11) WIB, Mir hanya finis di peringkat ketujuh. Namun, itu sudah cukup untuk mengantarkannya menjadi juara dunia. Sebab dengan jumlah poin 171, Mir sudah tidak terkejar oleh para pesaing.

  • Baca Juga: Dahsyat, Bintang Suzuki Ecstar Joan Mir adalah Juara Dunia MotoGP 2020

MotoGP 2020 tinggal menyisakan satu balapan. Yakni di GP Portugal yang berlangsung di Autodromo Internacional do Algarve, Portimao pada 25 November.

“Tidak bisa dipercaya. Saya tidak punya kata-kata untuk diucapkan untuk menggambarkan perasaan saya ini,” ucap Mir dalam wawancara resmi setelah balapan.

“Saya bertarung sepanjang karier saya. Saya begitu larut dalam emosi. Saya sangat, sangat, sangat bahagia. Ketika kamu mengejar mimpimu, percayalah kamu bisa mencapainya. Tetapi sesungguhnya, saya tidak percaya dengan apa yang baru saja terjadi. Saya butuh waktu untuk memahami ini semua,” imbuhnya.

Konsistensi adalah kunci kemenangan Mir pada MotoGP 2020. Dia memang hanya sekali menjadi juara yakni pada GP Eropa yang berlangsung pekan lalu di Valencia. Tetapi Mir sukses besar enam kali naik podium.

Pada tiga seri awal, Mir dua kali gagal finis. Tetapi dia berhasil membalik situasi dan membalap sangat konsisten sepanjang sisa musim 2020.

Franco Morbidelli dari tim Petronas Yamaha menjadi juara pada balapan GP Valencia hari ini. Dia bertarung sangat keras dan seru melawan Jack Miller (Pramac Ducati) pada lap terakhir. Pol Espargaro dari KTM sukses finis ketiga.

BACA JUGA:  Analisis Teknis: Rahasia Kehebatan Para Rider Penghuni Podium Aragon

Comment

Terbaru