by

Buka MTQ ke-28 Secara Virtual, Jokowi: MTQ Perokokoh Semangat Ukhuwah Kala Pandemi

KalbarOnline.com – Presiden Joko Widodo resmi membuka acara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat nasional ke-28 tahun 2020 secara virtual, yang digelar di Kota Padang, Sumatera Barat.

Jokowi menyebut, MTQ merupakan salah satu vsts untuk membumikan ajaran Alquran serta menegakkan syiar Islam dalam memperkuat nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari.

“Selamat berjuang, selamat mengikuti bagi semua peserta. Dengan mengucap bismillahirrahmannirrahim, Musabaqah Tilawatil Qur’an 2020 di Padang, Sumatra Barat, resmi saya buka,” ujar Jokowi.

Presiden mengatakan ajang MTQ tidak hanya untuk berlombaan baca tulis Alquran. Tapi lebih kepada mengedukasi umat untuk lebih mencintai dan membumikan Alquran. Ia berharap melalui MTQ, umat Islam semakin menjadi warga yang humanis dan terbuka.

Jokowi menyebut MTQ juga sebagai salah satu bentuk untuk membuktikan kecintaan umat Islam kepada kitab suci Alquran.

“MTQ sebagai bentuk dakwah sempurnakan akhlak umat Islam. Bukan hanya akan memperkuat jati diri tapi juga memperokokoh semangat ukhuwah Islamiah, Ukhuwah dan wathaniayah sesuai ajaran Rasulullah SAW,” ujar Jokowi.

Jokowi juga mengingatkan bahwa MTQ di masa pandemi. Di mana setiap warga harus memperlihatkan kepedulian terhadap sesama. Ia berharap dengan semangat kekompakan dan dengan ridho Allah, Indonesia dapat keluar dari masa sulit akibat pandemi.

Kepala Negara meyakini, dengan pemahaman keislaman yang makin baik, bukan hanya akan memperkuat jati diri seorang muslim dan muslimah, tetapi juga akan memperkokoh semangat ukhuwah seperti diajarkan oleh Rasulullah.

Pada kesempatan tersebut, Presiden juga menyampaikan selamat dan terima kasih kepada pemerintah daerah dan masyarakat Sumatera Barat atas keramahan, kehangatan, serta antusiasme dalam menyambut penyelenggaraan MTQ Nasional yang ke-28 tahun 2020. [rif]

Comment

Terbaru