Singkirkan Jorge Lorenzo, Yamaha Rekrut Cal Crutchlow

KalbarOnline.com – Cal Crutchlow tidak akan lama-lama menganggur. Akhir musim ini, dia bakal berpisah dengan LCR Honda. Nah, kemarin (13/11) Yamaha meminang pembalap asal Inggris tersebut. Dia diplot sebagai pembalap uji pada musim 2021.

’’Pengalaman panjang dan pendekatan yang jujur dari Cal akan bermanfaat untuk meningkatkan motor kami dengan program pengujian penuh tahun depan,’’ papar Direktur Pelaksana Yamaha Motor Racing Lin Jarvis di laman resmi MotoGP.

Kepastian itu sekaligus mengakhiri tugas Jorge Lorenzo sebagai test rider Yamaha musim ini. ’’Kami mendoakan yang terbaik buat Jorge di masa mendatang,’’ ucap Jarvis.

  • Baca Juga: Yamaha Kena Masalah Mesin Ilegal, Vinales Pesimistis Jadi Juara Dunia

Yamaha bukanlah tim baru buat Crutchlow. Selama tiga tahun pertamanya di kelas MotoGP, dia menunggangi YXR-M1 bersama Yamaha Tech3. Sebelumnya, pada 2010, dia turun menggunakan motor Yamaha di ajang WSBK. Pada 2008, dia menjadi kampiun kelas world supersport, juga bersama Yamaha.

Baca Juga :  Sekda Kapuas Hulu Berangkatkan 23 Atlet Junior Mengikuti Kejurda Bola Voli se-Kalbar 

’’Ini proyek yang sangat menarik untuk aku lakukan,’’ ucap Crutchlow. Apalagi, merujuk pada pengalaman panjangnya di kelas premier, dia sangat cocok dengan proyek sebagai pembalap uji Yamaha.

Sebagaimana diketahui, Crutchlow bakal berpisah dengan LCR Honda akhir musim ini. LCR adalah tim yang menaunginya sejak musim 2015. GP Portugal di Portimao pekan depan akan menjadi momen perpisahannya dengan LCR.

Sebelumnya, dia dikaitkan dengan Aprilia untuk menggantikan peran Andrea Iannone. Apalagi, larangan membalap buat Iannone ditambah menjadi empat tahun karena kasus doping.

Baca Juga :  Buang Peluang Podium di Depan Mata, Valentino Rossi: Sangat Memalukan

’’Aku sudah memberi tahu Aprilia. Aku tidak ingin mengerjakan proyek mereka,’’ kata Crutchlow. Dia juga menampik soal isu tawaran sebagai pengganti Marc Marquez yang sedang menjalani masa pemulihan.

Sebelumnya, kabar kehadiran Crutchlow turut dikomentari rider Monster Yamaha Valentino Rossi. ’’Bagiku, (perekrutan) Cal adalah ide bagus karena dia cepat dan masih (aktif) sebagai pembalap,’’ papar pembalap yang dijuluki The Doctor tersebut.

Hubungan baik dua pembalap veteran itu bisa membantu Yamaha untuk tampil kompetitif musim depan.

Sementara itu, Rossi akan membalap bersama Petronas Yamaha bersama muridnya, Franco Morbidelli. Sebelumnya, Rossi juga berharap banyak agar Andrea Dovizioso bisa menjadi pembalap uji Yamaha. Tetapi, Dovi memutuskan cuti sepanjang musim depan.

Comment