Pemerintah Jamin Kehalalan Vaksin Covid-19

KalbarOnline.com–Sampai saat ini, banyak negara masih berusaha menemukan vaksin Covid-19. Termasuk juga dengan Indonesia. Hal itu untuk mengakhiri pandemi Covid-19.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, pemerintah memastikan vaksin Covid-19 yang diperuntukkan masyarakat Indonesia terjamin kehalalannya. ”Karena kita adalah negara muslim. Vaksin-vaksin tersebut juga harus halal,” ujar Wiku dalam konferensi pers di Kantor BNPB, Jakarta, Sabtu (14/11).

Wiku menyatakan, pemerintah juga telah bekerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk memastikan kehalalan vaksin yang bakal diberikan kepada masyarakat.

Baca Juga :  Instruksi Kemenkes, Seluruh Apotek Dilarang Menjual Obat Jenis Sirop

”Sudah juga me-review beberapa kandidat vaksin tentang aspek kehalalannya. Tentu nanti berkembang juga produk-produk lainnya yang akan diakses pemerintah,” kata Wiku.

Wiku menambahkan, selain kehalalan, aspek keamanan juga sangat diperhatikan pemerintah terkait vaksin Covid-19. Pemerintah juga telah bekerja sama degan internasional mengenai keamanan vaksin tersebut.

”Jadi perlindungan kepada kesehatan masyarakat dengan menyediakan vaksin. Ada vaksin yang dikembangkan dunia dan Pemerintah Indonesia,” papar Wiku.

Baca Juga :  Bio Farma Terima 15 Juta Dosis Bahan Baku Vaksin Covid-19

Sementara itu terpisah, Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo menuturkan sesuai pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelum adanya vaksin untuk virus korona, masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ketat.

”Vaksin terbaik adalah patuh terhadap protokol kesehatan, menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan serta mencuci tangan,” kata Doni.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment