by

Mobil Listrik Buatan Tiongkok K27 Dibanderol Rp140 Jutaan di Amerika

KalbarOnline.com – Produsen mobil asal Tiongkok bernama Kandi dikabarkan merambah pasar AS dengan membawa dua mobil listrik kecil, salah satunya – K27. Bahkan kabar yang beredar produk ini mendapatkan ijin dari Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA) untuk memasarkan dua mobil listrik perkotaan yang diberi nama Kandi K27 dan K23.

Dengan adanya ijin resmi tersebut keberadaan mobil mungil ini akan lumayan menarik perhatian, karena belum banyak perusahaan mobil listrik Tiongkok yang bisa masuk pasar Amerika Serikat, apalagi Kandi menawarkan harga yang lumayan murah.

Mobil ini sangat cocok digunakan untuk wilayar perkotaan. Kandi K27 mobil mungil ini mampu mengangkut 4 orang ini ditawarkan dengan harganormal sekitar USD 20 ribu. Akan tetapi sebagai bagian dari strategi pasar maka Kandi K27 akan dijual seharga USD 17 ribu saja namun ini hanya berlaku 1.000 unit pertama.

Seperti dilansir dari laman CNN business, apabila dipotong dengan bantuan insentif pemerintah AS untuk pembelian mobil listrik akan menjadi USD 10.000 atau sekitar Rp141.617.500 (1 dolar = 14,161.75). Insentif pajak federal yang diberikan mencapai hingga USD 7500.

Melihat dari dimensinya, Kandi memiliki desain bodi yang tidak bisa dibandingkan dengan mobil listrik yang lebih populer lainnya misalnya Mini Cooper atau bahkan Tesla. Akan tetapi setidaknya mobil ini cocok digunakan di area perkotaan dengan baterainya yang hanya berkapasitas 17,7 kWh dan mampu menempuh jarak maksimal hingga 95 kilometer saja dalam satu kali pengisian baterai.

Motor listrik ini hanya mampu menghasilkan 27 tenaga kuda dan kecepatan tertinggi mobil hanya 63 mil per jam. Kepala eksekutif Kandi America Johnny Tai mengatakan “Mengingat motornya yang kecil, maka K27 membutuhkan waktu beberapa saat untuk mencapai kecepatan tertinggi”.

Comment

News Feed