Jangan Remehkan, Salah Pilih Parfum Mobil Komponen Ini Bisa Rusak

KalbarOnline.com – Mempunyai kabin mobil yang beraroma wangi maupun segar akan meningkatkan kenyamanan dalam berkendara. Bila sebaliknya maka pengemudi maupun penumpang akan terganggu dengan aroma tak sedap dalam kabin mobil.

Sebenarnya ada beberapa jenis pengharum mobil dengan bahan yang berbeda. Anda harus memilih dan memperhatikan pengharum mobil yang akan digunakan pada mobil kesayangan agar bisa berkendara lebih nyaman lagi.

Perlu Anda ketahui bahwa pengharum untuk mobil saat ini tersedia dalam berbagai jenis. Bahan yang digunakan di dalam pengharum tersebut juga bermacam-macam. Sebaiknya perhatikan jenis pengharum seperti apa yang cocok digunakan untuk mobil Anda dan aman untuk penumpang di dalamnya.

Anda juga perlu mengetahui kandungan bahan-bahan utama yang digunakan dalam parfum tersebut. Mengetahui bahan yang terkandung didalamnya akan membuat Anda lebih teliti dalam memilih parfum mobil.

Beberapa bahan utama yang biasa digunakan pada pengharum untuk mobil dan penting untuk Anda ketahui diantaranya adalah silikon, keramik, plastik, dan resin. Bahan-bahan ini memiliki karakter yang berbeda dan digunakan sesuai dengan jenis pengharum yang membutuhkannya.

Ada beberapa jenis pengharum untuk mobil yang bisa didapatkan di pasaran, antara lain:

Jenis Gel
Jenis ini merupakan salah satu jenis pengharum yang cukup aman meskipun mobil Anda mengalami guncangan selama perjalanan, karena pengharum jenis gel tidak mudah tumpah.Pengharum jenis ini juga memiliki aroma yang kuat sehingga dapat membuat seluruh bagian mobil wangi.

Akan tetapi pengharum mobil jenis gel juga memiliki kekurangan yang perlu Anda ketahui, yaitu dapat menimbulkan bercak pada bagian interior mobil bila terkena sinar matahari maupun panas secara langsung.

Baca Juga :  Sepeda Listrik Buatan Lokal Berikan Garansi 5 Tahun

Jenis Pengharum Cair
Menggunakan pengharum jenis cair, sebaiknya Anda harus berhati-hati meletakkannya agar tidak mudah tumpah. Anda dapat meletakkannya pada kisi-kisi AC atau cukup dengan cara digantung. Karakter aroma pengharum cair cukup kuat sehingga mampu menyebar ke seluruh bagian mobil dengan cepat.

Satu hal yang perlu Anda ketahui adalah, pengharum dengan jenis cair tersebut akan cepat habis karena mudah menguap. Anda perlu cukup sering mengeluarkan biaya untuk membeli pengharum tersebut.

Pengharum Jenis Padat
Jenis pengharum ini lebih awet sehingga tidak memaksa Anda untuk sering mengganti pengharum dan digunakan banyak oleh pemilik mobil. Selain aromanya yang dapat bertahan lama, pengharum padat juga mudah untuk digunakan dan tidak mudah tumpah apabila terjadi guncangan di dalam mobil.

Namun kekurangan dari pengharum jenis padat tersebut tidak dapat menghasilkan aroma yang kuat karena bahan yang terkandung didalamnya tidak dapat menguap dengan cepat.

Banyak pilihan parfum mobil yang dijual dipasaran saat ini. (Istimewa)

Jenis Pengharum Spray
Ini paling mudah penggunaannya hanya perlu menyemprotkan beberapa menit sebelum penumpangnya masuk ke dalam mobil. Aroma wangi mudah menyebar dan dapat langsung dinikmati ketika masuk mobil. Di sisi lain, jenis pengharum spray juga memiliki kekurangan yaitu tidak dapat bertahan lama setelah disemprotkan.

Bagi Anda yang menggunakan pengharum untuk mobil dengan jenis tersebut harus sering menyemprot dan perlu membeli pengharum yang baru lagi karena akan cepat habis.

Menghindari Kesalahan Memilih Parfum

Perhatikan Kandungan  Parfum
Perlu diketahui bahwa ada beberapa pengharum mobil yang justru dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mobil Anda. Salah satu kandungan yang dapat membuat bagian dalam mobil Anda terganggu adalah silikon.  Kandungan silikon dapat membuat kisi-kisi AC menjadi bau apek dan bercak kuning.

Baca Juga :  Ini Lho Jenis-Jenis Mobil yang Mendapatkan Relaksasi PPnBM

Pilih Aroma Parfum yang Tidak Terlalu Menyengat
Usahakan untuk tidak memilih jenis parfum yang aromanya terlalu menyengat. Tidak sedikit orang yang mengeluh terkait penggunaan pengharum untuk mobil yang aromanya kurang tepat.

Biasanya aroma yang terlalu menyengat akan membuat Anda sebagai pengendara dan penumpang lainnya justru merasa mual dan pusing sehingga tidak dapat menikmati perjalanan.

Untuk kenyamanan Anda dan keluarga selama dalam perjalanan, ada baiknya menggunakan jenis pengharum dengan aroma terapi. Disini Anda dapat memilih pengharum dengan aroma kopi maupun teh untuk relaksasi.

Dampak Parfum Terhadap AC

Dalam melindungi bagian interior mobil Anda dapat mengawalinya dengan cara memilih pewangi mobil yang cocok dan aman komponen AC. Lalu, sebenarnya apa saja dampak pewangi ini terhadap AC?

Bercak Kuning pada Kisi-kisi AC
Penggunaan pengharum mobil ternyata dapat menyebabkan bercak kuning pada kisi-kisi AC mobil Anda. Menimbulkan kerak dan bau apek juga termasuk salah satu dampak yang dihasilkan apabila Anda memilih parfum yang kurang tepat.

Untuk mengatasi timbulnya bercak kuning pada AC,  jangan meletakkan parfum pada bagian kisi-kisi AC. Anda dapat menyemprotkan parfum tersebut pada bagian sudut bawah jok mobil agar wanginya juga lebih awet.

Membuat Evaporator Berlendir
Apabila Anda menggunakan jenis pengharum gel, hal ini dapat membuat zat-zat yang terkandung di dalam parfum mengendap pada AC.

Pengendapan zat-zat tersebut dapat membuat bagian evaporator menjadi berlendir dan aroma wanginya akan berubah menjadi asam setelah beberapa minggu.

Comment