by

Buat Video Marhaban Rizieq, Prajurit TNI AU Diduga Langgar Disiplin

KalbarOnline.com – Sebuah video pendek yang memperlihatkan seorang anggota TNI AU bernyanyi menyambut kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab mendadak viral. Dalam video itu, prajurit TNI berpakaian dinas lengkap, asyik bernyanyi dengan nada khas lagu islam. Isinya berupa menyambut kedatangan Rizieq. Kalimat terakhir yang diucapkan prajurit tersebut yakni “Marhaban Habib Rizieq Shihab, Takbir, Allahu Akbar”.

Kadispenau Marsekal Pertama Fajar Adriyanto membenarkan jika prajurit dalam video itu adalah anggota TNI AU berinisial Serka BDS. Dia dijatuhi hukuman disiplin atas perbuatannya itu.

’’Intinya melakukan pelanggaran disiplin militer karena sudah diperintahkan oleh Panglima TNI dan KSAU kita tidak boleh sembarangan mengupload sesuatu yang menyalahgunakan aturan,’’ kata Fajar saat dihubungi, Rabu (11/11).

Saat ini Serka BDS tengah menjalani pemeriksaan oleh Pusat Polisi Militer (POM). Belum bisa dipastikan jenis sanksi yang akan diberikan kepada pelaku. ’’Sanksinya nanti kalau sudah ada penyelidikan. Hasil penyelidikan kan itu diselidiki dengan pertanyaan-pertanyaan sampai 2 hari ini. Maka dari itu kalau sudah ada hasilnya akan ditentukan hukumannya apa,’’ jelas Fajar.

Lebih lanjut, Fajar menyebut perekaman video dilakukan Serka BDS di rumahnya sendiri. Bukan di area dinas maupun saat menjalankan tugas. ’’Untuk kronologis nanti ya, karena masih diselidiki dan didalami,’’ tegasnya.

Fajar lantas menghimbau kepada seluruh prajurit TNI agar menjalankan perintah KSAU dan Panglima TNI agar bijak dalam menggunakan media sosial. Sebab selama ini sudah banyak diingatkan tentang batasan dalam bertindak di dunia maya. ’’Bukannya kita melarang bermedsos karena medsos suatu kebutuhan tapi tetap ada tata cara dan aturan tersendiri untuk bermedsos, patuhi saja aturan yang ada,’’ pungkasnya.

Sebelumnya, peristiwa semacam ini juga menimpa seorang prajurit TNI AD. Peristiwa tersebut juga viral di media sosial karena pelaku meneriakan kalimat “Kami Bersamamu Habib Rizieq”. Peristiwa ini diduga terjadi saat anggota TNI itu bertugas melakukan pengamanan Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten saat Rizieq Shihab pulang ke tanah air pada Selasa (10/11) kemarin. Aksi prajurit TNI ini terekam dalam video pendek berdurasi 17 detik.

Kapendam Jaya Kolonel Inf Refki Efriandana Edwar melalui keterangan tertulis di website resmi Kodam Jaya membenerkan peristiwa tersebut. Prajurit dalam video itu yakni Kopda Asyari Tri Yudha anggota Kompi A Yonzikon 11 Kodam Jaya. Video diambi pada 9 November 2020 saat dia dikirim ke Bandara Soekarno Hatta untuk pengamanan objek vial saat kepulangan Rizieq Shihab.

’’Yang bersangkutan berangkat dari satuan Yonzikon 11 Matraman Jakarta Pusat dengan menggunakan truk militer NPS dan duduk di bagian belakang truk bersama rekan-rekannya,’’ kata Refki. (*)

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment

Terbaru