by

5 Kebiasaan yang Tidak Boleh Dilakukan di Pagi Hari

Pernahkah Geng Sehat merasa telah menjalani hari yang sangat sibuk namun merasa hasilnya kurang produktif? Kalau iya, ini berarti Geng Sehat menghabiskan kebanyakan waktu dengan keliru.

Kesalahan ini seringkali dimulai di pagi hari. Ada beberapa kebiasaan yang tidak boleh dilakukan di pagi hari, sehingga Geng Sehat bisa lebih produktif. Dengan menghindari kebiasaan yang tidak boleh dilakukan di pagi hari ini, Geng Sehat bisa lebih mudah meluangkan waktu untuk mengerjakan tugas yang lebih penting.

Baca juga: Sakit Kepala di Pagi Hari, Apa Penyebabnya?

Kebiasaan yang Tidak Boleh Dilakukan di Pagi Hari

Hindari kebiasaan yang tidak boleh dilakukan di pagi hari ini:

1. Mmembuat rencana dadakan

Kalau di pagi hari Kamu sibuk membuat rencana jadwal, Kamu akan menghabiskan banyak energi mengerjakan tugas berulang. Menyusun rencana supaya lebih terorganisir memang penting dalam meningkatkan produktivitas. Namun, terlambat jika Kamu menyusun rencana harian di pagi hari tersebut.

Rencana tersebut seharusnya sudah ada sejak sehari sebelumnya, sehingga sudah siap ketika Kamu bangun di pagi hari. Jika tidak, Kamu akan menghabiskan energi menyusun rencana dan kekurangan energi untuk melakukan semua rencana tersebut. Jadi, kalau mau menyusun rencana, buatlah sebelum Kamu tidur di malam harinya. Saat bangun di pagi hari, jadwal harian Kamu sudah harus siap.

2. Komplain atau mengeluh

Tanpa disadari, pikiran kita seringkali dipengaruhi hal-hal negatif, dan berlangsung hingga berjam-jam. Mungkin normal saja jika di pagi hari Kamu komplain tentang cuaca buruk atau mungkin politik.

Namun, kalau Kamu memulai hari dengan komplain tentang pekerjaan, pasangan, keluarga, atau lainnya, Kamu bisa memiliki mood negatif hingga berjam-jam setelahnya, bahkan hingga seharian.

Baca Juga:  Yuk, Bikin Dalgona Coffee yang Viral di Tengah Pandemi Coronavirus

Selalu komplain berarti Kamu fokus pada rintangan dan masalah, sehingga sulit untuk menyadari atau mengenali kesempatan-kesempatan yang ada. Perkataan dan pikiran Kamu tidak hanya memengaruhi motivasi, namun seluruh mental Kamu. Kalau Kamu memulai hari dengan melakukan komplain, maka akan lebih banyak hal baru lagi yang Kamu komplain selama seharian.

Kalau Kamu fokus terhadap hal positif, hal ini akan meningkatkan mood dan kebahagiaan. Jadi, cobalah latih pikiran untuk fokus pada hal positif di pagi hari.

Baca juga: Yuk, Adopsi 5 Kebiasaan Baik di Pagi Hari!

3. Langsung bekerja

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan kesehatan dan mencari inspirasi. Banyak orang yang tidur lebih lama dan bangun di waktu yang tepat sebelum bekerja. Jadi, begitu bangun tidur, mereka harus langsung mandi dan langsung bekerja.

Padahal, tidur lebih lama bisa membuat Kamu lebih malas, lebih lambat, dan menurunkan produktivitas. Jadi, daripada tidur lebih lama dan bangun di waktu yang mepet untuk bekerja, sebaiknya bangunlah lebih pagi, sehingga Kamu bisa melakukan hal lain terlebih dahulu untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Bagunlah lebih pagi, sehingga Kamu bisa punya waktu untuk mengurus diri sendiri.

4. Membuat terlalu banyak keputusan

Selanjutnya, kebiasaan yang tidak boleh dilakukan di pagi hari adalah membuat terlalu banyak keputusan. Hal ini dapat membuang energi Kamu. Hal ini mencakup:

  • Memutuskan terlau lama mau pakai baju apa
  • Memutuskan terlalu lama mau sarapan apa
  • Memutuskan terlalu lama tugas apa yang perlu dilanjutkan hari ini

Hal-hal tersebut bisa menghabiskan banyak energi mental di pagi hari. Jadi, di pagi hari, cobalah berikan otak waktu bernapas. Siapkanlah baju yang akan digunakan keesokan harinya, di malam hari sebelum tidur. Pikirkan juga sarapan apa yang mau dibuat keesokan harinya.

Baca Juga:  Cari Tahu Kepribadianmu Berdasarkan Kopi Kesukaanmu!

5. Mengonsumsi Makanan dan Minuman Manis

Menurut ahli, menghindari sarapan makanan manis atau tinggi karbohidrat dan mengonsumsi makanan yang kaya protein dapat menurunkan kecemasan. Hal ini dapat membantu Kamu melewati hari dengan pikiran yang lebih positif. Alhasil, Kamu juga akan lebih produktif. (UH)

Baca juga: Waspada Tekanan Darah Tinggi di Pagi Hari

Sumber:

The Ascent. Things You Should Never Do in the Morning. Oktober 2020.
Bustle. Surprising Things You Should Never Do Just After You Wake Up. Februari 2018.

Comment

Terbaru