Ponsel Android Jadul Tak Bisa Akses Website Aman Mulai Tahun Depan

KalbarOnline.com – Bagi pemilik ponsel Android versi lawas alias jadul, anda mungkin harus meningkatkan versi ponsel Android anda setidaknya sebelum akhir tahun depan. Hal tersebut perlu dilakukan demi alasan keamanan dan jika ingin mengunjungi sebagian besar website yang secara teknis aman.

Menurut laporan AndroidPolice, otoritas Sertifikat Let’s Encrypt memperingatkan bahwa ponsel yang menjalankan versi Android sebelum 7.1.1, atau Android Nougat tidak akan memercayai sertifikat akarnya mulai tahun 2021. Hal tersebut berakibat pada terkuncinya perangkat dari banyak situs web aman.

Organisasi tersebut akan menghentikan penandatanganan silang default, untuk sertifikat yang mengaktifkan fungsi ini pada 11 Januari 2021, dan akan menghentikan sepenuhnya kemitraan penandatanganan silang pada 1 September tahun itu.

Baca Juga :  Sabar ya, Tampilan Layar iPhone Masih Nyaman Pakai Model Lama

Solusi parsial tersedia dengan memasang Firefox (Mozilla adalah mitra di Let’s Encrypt) dan menggunakan penyimpanan sertifikatnya sendiri. Tetapi itu tidak akan membantu dengan klien saingan atau fungsionalitas di luar peramban atau browser bawaan.

Baca juga: Google Umumkan Android 11 Go Edition, Ini Kelebihannya

Sangat umum bagi pengembang untuk melepaskan dukungan untuk sistem operasi lama. Namun, ini bisa menjadi masalah, mengingat kebijakan pembaruan Android. Let’s Encrypt mencatat bahwa sekitar 33,8 persen pengguna Android di Google Play menjalankan versi yang lebih lama dari 7.1, dan beberapa vendor perangkat keras memutuskan dukungan lebih awal.

Tidak jarang vendor Android menawarkan pembaruan yang relatif sedikit di tahun-tahun sebelumnya, dan beberapa perangkat (biasanya ponsel murah) bahkan akan terjebak dengan OS bawaan mereka, tanpa adanya pembaruan lanjutan. Misalnya saja anda mungkin telah membeli ponsel pada tahun 2016 atau bahkan 2017 yang dapat tiba-tiba kehilangan akses ke beberapa situs web tanpa solusi.

Baca Juga :  Modul Wireless Charger Bocor, IPhone 12 Didukung Pengisian Magnetik

Namun kini, situasinya membaik. Beberapa merek ponsel seperti Samsung dan pembuat Android lainnya berkomitmen untuk tiga tahun pembaruan sistem operasi. Namun, hal itu tidak akan mengubah kenyataan bagi banyak orang dengan perangkat keras lama, dan mungkin hanya ada sedikit cara lain jika Anda tidak dapat atau tidak ingin menggunakan Firefox.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment