Peringati Hari Pahlawan, Presiden Jokowi Tabur Bunga ke Sejumlah Tokoh

KalbarOnline.com–Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan pada 10 November 2020 di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta, Selasa (10/11).

Turut hadir mengikuti upacara Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Menteri Kabinet Indonesia Maju. Di antaranya, Menteri Politik Hukum‎ dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi, dan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara.

Pantauan KalbarOnline.com, upacara peringatan Hari Pahlawan dimulai sekira pukul 08.15 WIB yang diawali dengan penghormatan kepada para pahlawan. Setelah itu, Presiden dan Wakil Presiden secara berbarengan menaburkan bunga di atas makam pahlawan tersebut. Presiden Jokowi juga tampak berdoa di atas makam pahlawan.

Baca Juga :  Harlah Ke-95, NU Hadapi Tiga Tantangan Besar

Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin menaburkan bunga kepada sejumlah tokoh di antaranya, Presiden ke-3 BJ Habibie, Istri Presiden ke-3 Ainun Habibie, Istri Presiden ke-6 Ani Yudhoyono, Wakil Presiden ke-3 Adam Malik, Wakil Presiden ke-4 Umar Wirahadikusuma, Wakil Presiden ke-5 Soedharmono, dan mantan Ketua MPR Taufiq Kiemas.

Kemudian Presiden Jokowi juga menaburkan bunga di atas makam pahlawan revolusi, pahlawan pangkat terendah dan pahlawan tidak dikenal.

Upacara tabur bunga tersebut dilakukan dengan protokol kesehatan ketat. Presiden Jokowi, Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Menteri Kabinet Indonesia Maju menggunakan masker. Usai ziarah mereka mencuci tangan. Presiden Jokowi meninggalkan TMPNU Kalibata, Jakarta sekitar pukul 08.45 WIB.

Baca Juga :  Jenazah Okky Bisma Belum Diserahkan ke Keluarga, Ini Alasannya

Menteri Sosial Juliari P. Batubara mengajak semua kalangan berkontribusi pada bangsa dan negara dengan menjadi pahlawan masa kini. Perjuangan para pahlawan, menjadi inspirasi dan motivasi bagi semua untuk meneruskan perjuangan membangun negara.
”Jadi kalau dulu berjuang dengan mengangkat senjata, sekarang berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa. Antara lain kemiskinan, narkoba, paham-paham radikal. Pahlawan masa kini dengan menolong sesama, saling menghargai, dan menghormati satu sama lain,” kata Juliari.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment