Categories: Sport

Peluang Tim Voli Pantai Indonesia Lolos ke Olimpiade Tetap Terbuka

KalbarOnline.com – Pandemi Covid-19 memang masih merajalela di Indonesia. Namun, pelatnas voli pantai tetap melanjutkan program sentralisasi untuk mengejar tiket lolos menuju Olimpiade Tokyo 2020.

Latihan sempat dilakukan pada Maret, tetapi terhenti sebulan kemudian. Sejak dua bulan, pelatnas voli pantai berlangsung lagi. Ade Candra Rachmawan dkk sudah kembali ke Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, meski tidak full.

Sebab, beberapa atlet harus menjalani diklat pra jabatan PNS Kemenpora. Pelatih Agus Karim menyatakan, program latihan masih memasuki tahap persiapan awal. Setelah dipulangkan ke daerah pada akhir Maret, atlet memang diimbau lebih menjaga kesehatan.

  • Baca Juga: Pemilik Rekor Dunia dari Indonesia Turun di Kejuaraan Dunia Remaja

”Saat ini program fisik yang lebih dominan sebelum berlaga di kualifikasi. Baru Januari ke tahap berikutnya sampai Maret. Setelah itu, baru menatap kualifikasi,” jelas Agus.

Untuk bisa lolos Olimpiade Tokyo 2020, mereka harus menjuarai AVC Beach Volleyball Continental. Turnamen kualifikasi tersebut dijadwalkan ulang pada 21–27 Juni 2021. Namun, tuan rumah turnamen itu belum ditentukan.

Setelah menjuarai SEA Games 2019, Indonesia berhak masuk putaran final. Timnas akan bersaing dengan Tiongkok, Iran, Selandia Baru, Oman, dan Qatar. Dua tim pesaing lainnya masih menunggu ketentuan tuan rumah dan hasil putaran semifinal.

Agus menuturkan, peluang untuk lolos kualifikasi sangat terbuka. Lawan terberat sekaligus juara bertahan, yaitu Qatar, sudah mengantongi tiket ke Tokyo melalui ranking dunia.

Namun, yang menjadi halangan adalah belum jelasnya agenda kompetisi tahun depan dari FIVB. Karena itu, mereka belum bisa mengagendakan tryout.

Agus pun bakal melakukan beberapa cara agar latihan dapat maksimal. ”Untuk mengatasi itu sih, kami melakukan variasi latihan dan simulasi agar tidak bosan,” tuturnya.

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Dukung Perubahan Status Supadio, Harisson Ungkap Beberapa Alasan

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson memastikan mendukung kebijakan Kementerian Perhubungan…

4 hours ago

Oknum Pegawai Bea Cukai Ketapang Selundupkan Ratusan Satwa Dilindungi

KalbarOnline, Ketapang - Oknum pegawai Bea Cukai Ketapang, Kalimantan Barat berinisial KW (46 tahun) menjadi…

8 hours ago

Hari Buruh, Kapolri Komitmen Lindungi dan Kawal Hak Buruh

KalbarOnline, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau langsung pengamanan peringatan aksi Hari Buruh…

8 hours ago

Sekda Kapuas Hulu Buka Bimbingan Manasik Haji Tahun 2024 di Masjid Al-Ikhlas

KalbarOnline, Putussibau - Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Mohd Zaini membuka Acara Bimbingan Manasik Haji…

8 hours ago

Akhiri Masa Tugas, Pj Wali Kota Ani Sofian Ajak ASN Teladani Jejak Mulyadi

KalbarOnline, Pontianak – Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian mengajak ASN di lingkup Pemerintah Kota…

9 hours ago

Status Kepemilikan Gedung Perbasi Resmi Kembali ke Pemkot Pontianak

KalbarOnline, Pontianak – Kejelasan status pengelolaan Gedung Persatuan Basket Indonesia (Perbasi) Kota Pontianak di Jalan…

9 hours ago