by

Chip Exynos Samsung Disebut Bakal Dukung Ponsel Xiaomi, Oppo, dan Vivo

KalbarOnline.com – Samsung Electronics dikabarkan tengah berencana untuk memasok Xiaomi, Vivo, dan Oppo dengan Aplication Processor (AP) atau prosesor aplikasi berbasis Exynos besutan mereka. Kesepakatan itu dilaporkan akan berlangsung pada 2021 dan akan membuat System LSI Business Divison perusahaan Korea Selatan memasok Exynos AP ke raksasa teknologi Tiongkok.

Menurut laporan BusinessKorea, Samsung berencana memasok AP-nya ke pembuat smartphone Tiongkok pada paruh pertama 2021. AP ini akan digunakan dalam seri smartphone murah masing-masing pabrikan.

  • Baca juga: Bluetooth Alliance: Samsung Galaxy S21 Akan Pakai Chip Exynos 1080

Saat ini, Qualcomm adalah pemasok utama untuk AP di handset premium, sehingga chip Exynos dalam jajaran perangkat ekonomis dapat menumbuhkan pengakuan merek dan bahkan mungkin mengarahkannya untuk memasok chip premium ke OEM ini dalam waktu dekat.

Chip Exynos sebagian besar telah digunakan di perangkat Samsung Galaxy. Padahal, sudah ada smartphone dari merek lain yang memakai Exynos AP, seperti Motorola dan Meizu.

Awal tahun ini, raksasa teknologi Korea Selatan itu menghadapi kemunduran besar karena memutuskan untuk tidak mengirimkan seri Galaxy S20 dengan Exynos 990 AP miliknya sendiri. Namun, generasi berikutnya diharapkan dapat merevitalisasi AP miliknya dan dikatakan bahkan mengungguli chip andalan Qualcomm saat ini, Snapdragon 865.

Selain itu, pesaing lain di pasar AP karena perusahaan seperti Xiaomi, Oppo, dan Vivo mengandalkan Qualcomm atau MediaTek untuk chip. Mengamankan kesepakatan dalam segmen anggaran akan membuat Samsung memperluas produksinya dan bahkan berpotensi menarik perhatian vendor smartphone Tiongkok populer lainnya.

Comment

Terbaru