Pawparents Hadi-Maya Terbangun Tengah Malam, Ikut ”Menyusui”

Kehidupan Hadi Prayitno dan Maya Carolina Noya sebagai pawrents berubah dalam tiga pekan terakhir. Yuna, peliharaan mereka, baru melahirkan empat puppies. Agar nutrisi anak-anak toy poodle itu tercukupi, Yuna pun mengonsumsi pelancar air susu.

Setiap malam, Hadi dan Maya bisa terbangun 3–4 kali. Sebab, Yuna harus menyusui anak-anaknya tiap dua jam sekali. ”Sudah kayak zaman dulu punya bayi sendiri,” ucap Hadi saat dijumpai Rabu (4/11).

Seiring berjalannya waktu, jeda menyusui akan lebih lama. Setelah satu bulan, bisa jadi tiap tiga jam. Layaknya ibu menyusui, Yuna kelaparan tiap kali anak-anaknya selesai menyusu. Maka, Yuna pun menyalak dengan kencang. ”Dulu makan hanya dua kali sehari. Sekarang minimal lima kali,” ungkap Maya.

Untuk menjaga kualitas air susu Yuna, Maya memberikan makanan anjing bernutrisi tinggi. Terutama kandungan protein dan vitaminnya. Seminggu seusai melahirkan, Yuna diberi pil pelancar air susu.

Anak-anak anjing biasanya menyusu sampai berusia dua bulan. Setelah itu, mereka diperkenalkan pada pakan anjing. Kandungan nutrisi dan bentuk pakan harus dipertimbangkan betul. ”Bentuknya juga nggak boleh keras. Selain sudah lembut, kami tambahkan air juga biar makin lembek,” jelas Hadi.

Baca Juga :  Manajer Ngaku Anji sudah Jumpa dengan Perwakilan IDI

Namun, sebelum diperkenalkan pada pakan, anak-anak Yuna itu akan diberi obat cacing. ”Kami berikan saat usianya 1,5 bulan,” ucap Hadi. Setelah menginjak usia dua bulan, anak anjing mulai dijadwalkan mendapatkan vaksin. Setiap anak anjing akan punya tabel penanda vaksin.

Merawat anak anjing bukan hanya soal makanan, melainkan juga kondisi lingkungan dan kebersihan. Maya selalu meluangkan waktu seusai kerja untuk membersihkan anak-anak anjing Yuna. Terutama bagian anus. ”Bahkan, kadang dipakaikan minyak telon, biar hangat katanya,” sahut Hadi, kemudian tertawa.

Maya dan Hadi juga membuat kandang bagi keempat anak Yuna. Tak cukup hanya pagar besi, Hadi melapisinya dengan kardus. Itu dilakukan supaya anjing-anjing tersebut tetap merasa aman. ”Induk memang jadi lebih galak kalau baru melahirkan, naluri melindungi anak,” tutur Maya.

Dinding kardus tersebut juga memberikan rasa hangat dan menghalangi anak anjing terjepit di antara jeruji kandang. Supaya lebih hangat, Maya dan Hadi sengaja menggantungkan bohlam di atas kandang.

Baca Juga :  HUT ke-75 RI, Kabareskrim Bicara Ekonomi Harus Segera Dipulihkan

Pada minggu pertama melahirkan, Yuna memang masih menghabiskan banyak waktu di kandang bersama anak-anak anjingnya. Yuna hanya keluar kandang saat ingin buang air atau makan. Lama-kelamaan, Yuna mulai menghabiskan banyak waktu di luar kandang.

Sekarang Yuna kembali ke kebiasaan lama dengan tidur bersama Maya dan Hadi. ”Makanya, tengah malam dia bangun mau menyusui, kitanya ikut melek deh,” tutur Hadi.

Perlakuan terhadap Yuna memang istimewa. Sebab, toy poodle berbulu cokelat itu juga luar biasa. Jika normalnya toy poodle hanya melahirkan satu bayi, tidak demikian dengan Yuna. Pada kehamilan pertamanya, Yuna melahirkan tiga bayi. Kini ia melahirkan empat bayi. 

MERAWAT PUPPIES ALA HADI-MAYA

  • Lapisi kandang dengan kardus.
  • Lengkapi kandang dengan lampu bohlam agar suhu tetap hangat.
  • Pastikan nutrisi induk terpenuhi. Porsi makan bisa naik 2–3 lipat.
  • Berikan vitamin dan pelancar air susu untuk induk.

Saksikan video menarik berikut:

Comment