by

Puluhan Tahun Dinanti, Masjid Pertama di Yunani Akhirnya Resmi Berdiri

KalbarOnline.com – Ibu kota Yunani, Athena akhirnya memiliki masjid pertama sejak abad ke-19 dan dibuka pada Senin (2/11/2020). Mengutip Anadolu Agency, peresmian itu sekaligus melepaskan status Athena sebagai satu-satunya ibu kota di Uni Eropa yang tidak memiliki masjid.

Surat kabar harian Yunani, Ekathimerini melaporkan imam pertama masjid tersebut adalah Zaki Mohammed (49), warga negara Yunani asal Maroko.

Doa peresmian masjid digelar dengan menerapkan protokol kesehatan virus corona seperti menjaga jarak, karena kasus Covid-19 di Yunani sedang meningkat seperti halnya di sebagian besar wilayah Eropa.

Dilansir Daily Sabah, masjid itu berkapasitas 350 orang dan tidak memiliki menara atau kubah. Masjid terletak di kawasan industri Eleonas, dekat kamp pengungsi.

Keputusan untuk membangun masjid di Athena pertama kali dicetuskan pada 2006 dengan anggaran US$1,04 juta atau sekitar Rp14,8 miliar. Tapi upaya itu terhenti karena terhambat birokrasi, protes dari kelompok sayap kanan, dan tuntutan hukum.

Pada 2017, mufti terpilih dari kota Komotini di Western Thrace mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa setengah juta umat Muslim di Athena harus menuju ruang bawah tanah yang kotor dan lokasi yang tidak sehat hanya untuk melaksanakan salat.

Turki sudah sejak lama mengecam pelanggaran Yunani terhadap hak-hak minoritas Muslim atas penutupan masjid, membiarkan masjid bersejarah rusak, hingga menolak mengakui pemilihan mufti. Menurut pejabat Turki, tindakan itu melanggar Perjanjian 1923 Lausanne dan putusan Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa (ECHR). [ind]

BACA JUGA:  Wali Kota Singkawang Kalbar dan Tiga Anggota Keluarga Terpapar Covid-19

Comment

Terbaru