Kolaborasi Pemerintah dan Masyarakat Bisa Tekan Angka Kematian

KalbarOnline.com – Satgas Penanganan Covid-19 masih berusaha menekan angka penularan Covid-19. Oleh karena itu, Satgas meminta masyarakat turut membantu upaya tersebut. Salah satunya tentang keterbukaan informasi.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, masyarakat harus terbuka terkait tracing. Dengan begitu, pemerintah bisa mendeteksi lebih dini jika terdapat potensi penularan Covid-19.

“Masyarakat juga harus terbuka untuk membantu petugas kesehatan dalam melakukan tracing. Kolaborasi pemerintah dan masyarakat adalah hal yang peting untuk menekan angka kematian,” kata Wiku.

Baca Juga :  Penularan Berubah, Usia 20-40 Tahun Dominasi Kasus Korona Asia-Pasifik

Masyarakat yang merasakan gejala Covid-19 diminta segera melakukan tes ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan rujukan. Dengan begitu, bisa segera mendapat penanganan apabila hasil tes didapati positif Covid-19.

Masyarakat tak perlu khawatir. Sebab biaya pengobatan Covid-19 ditanggung oleh pemerintah. Masyarakat hanya diminta terbuka jika melakukan kontak erat dengan pasien Covid-19.

Baca Juga :  MUI Pastikan Vaksin Covid Halal, BPOM: Tunggu Izin Penggunaan Darurat

Lebih lanjut, Wiku menyampaikan, angka kematian akibat Covid-19 harus terus ditekan. Pasalnya, satu nyawa sangat berharga jika tidak bisa diselamatkan. Dengan kolaborasi antara masyarakat dan pemerintah, maka upaya pengendalian akan semakin maksimal.

“Lakukan testing untuk pastikan status kesehatan. Jika postif ikuti arahan tenaga kesehatan untuk dapatkan penanganan dini sehingga bisa segera sembuh,” jelas Wiku.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment