Habib Rizieq Terancam Tak Bisa Ikuti Sejumlah Agenda Setiba di Tanah Air Karena Ini

KalbarOnline.com – Habib Rizieq Shihab terancam batal mengikuti sejumlah agenda yang sudah direncanakan setibanya nanti di tanah air, seperti silaturahmi ke gurunya, Alhabib Ali bin Abdurahman Assegaf di Tebet serta menikahkan putri keempatnya Syarifah Najwa Shihab, Sabtu (14/11/2020) nanti.

Hal ini dikarenakan Habib Rizieq harus menjalani isolasi mandiri setibanya di Indonesia selama dua pekan, serta membuktikan negatif Covid-19 dengan hasil PCR negatif.

“Setibanya di Indonesia harus isolasi mandiri 14 hari, itu juga setelah memiliki surat keterangan sehat dibuktikan dengan hasil PCR negatif,” kata Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2P) Kemenkes, Muhammad Budi Hidayat dilansir CNNIndonesia.com, Jumat (6/11/2020).

Budi menjelaskan, jika Habib Rizieq tidak tes PCR swab di negara asal, maka akan melakukan pemeriksaan di bandara. Ha itu sesuai dengan Surat Edaran Kemenkes Nomor HK ./MENKES/338/2020 tentang Penanganan Kedatangan WNI dan Kepulangan WNA di Bandar Udara.

Setelah itu Habib Rizieq harus melanjutkan testing PCR di Wisma Atlet. Sambil menunggu hasil tes swab kurang lebih 3 hari, ia wajib menjalankan isolasi mandiri di Wisma Atlet.

“Kalau dia tidak bawa hasil PCR, nanti akan diperiksa bandara dan akan dibawa ke Wisma Atlet untuk diambilkan swab. Swab nanti tunggu hasilnya 3 hari, sambil nunggu, dia isolasi di Wisma Atlet, atau bisa memilih hotel yang dia tunjuk untuk isolasi mandiri,” jelas Budi.

Jika hasil dari PCR negatif, maka Habib Rizieq dapat menjalani sisa isolasi mandiri di rumah, adapun jika positif maka ia harus dirawat di RS jika bergejala, atau tetap karantina di Wisma Atlet.

Budi menambahkan, selama itu,  Habib Rizieq harus menerapkan protokol kesehatan saat berkegiatan dan membatasi kontak dengan orang lain.

BACA JUGA:  Ramalan Mbak You Jadi Kenyataan, Ada Kecelakaan Pesawat dengan Warna Merah dan Biru di Tahun 2021

“Kalau hasilnya negatif bisa pulang ke rumah dan melanjutkan isolasi mandiri di rumah. Ketika di rumah melakukan protokol kesehatan, pakai masker, kurangi kontak dengan orang lain. Jadi tetap saja walaupun negatif, harus menjalankan protokol kesehatan,” tutur Budi.

Diketahui sebelumnya, selain menggelar pesta pernikahan putrinya, Habib Rizieq dijadwalkan memperingati Maulid Nabi, di Markas FPI di Petamburan, Jakarta Pusat, Sabtu (14/11/2020).

“Pada sabtu 14 November malam ba’da sholat Isya bersama-sama pimpinan FPI pusat untuk bergerak peringatan Nabi Muhammad di Markas FPI di Jakarta Pusat,” kata Habib Rizieq diumumkan dalam akun Youtube Front TV, Rabu (4/11/2020)

Selain itu, Habib Rizieq juga berencana akan meluncur ke Ponpes Agrokultural Markaz Syariah di Mega Mendung, Bogor, Jawa Barat untuk meninjau pembangunan pondok. [rif]

Comment