Cottagecore, Trend Gaya Hidup Para Seleb Pindah ke Desa

Tahun 2020 adalah tahun luar biasa, yang mengubah banyak kebiasaan masyarakat. Pandemi membuat orang menghabiskan waktu di rumah berbulan-bulan. Mungkin karena bosan, sebagian orang memutuskan pindah ke daerah pinggiran atau pedesaan yang lebih tenang.

Beberapa artis Indonesia memutuskan pindah ke Bali. Bali memang bukan desa, namun setidaknya jauh lebih tenang dibandingkan Jakarta. Rupanya, artis ternama luar negeri, sudah memulainya terlebih dahulu.

Fenomena pindah ke desa ini dikenal dengan gaya hidup cottagecore. Cottagecore juga dikenal sebagai grandmacore atau farmcore, di mana orang pindah ke pedesaan yang indah. Biasanya memang desa yang menjadi tujuan tinggal bukan sembarang desa, melainkan area pinggiran dengan pemadandangan alam yang indah dan unik.

Sebenarnya, keinginan untuk menjalani kehidupan di lingkungan yang jauh dari hiruk pikuk kota telah ada selama bertahun-tahun, tetapi pandemi semakin mendorong banyak orang melakukannya. Fenomena ini semakin heboh dengan adanya sejumlah selebritas yang memilih menjalani gaya hidup sangat sederhana, sejak wabah Covid-19. Namanya artis, apa yang mereka lakukan pun banyak ditiru dan akhirnya menjadi trend.

Baca juga: Mengapa Penting Menyenangkan Diri Sendiri?

Seleb Dunia yang Memilih Tinggal di Desa

Selebritas dunia ini memilih tinggal di pedesaan dan meninggalkan kota, setidaknya selama pandemi:

Baca Juga :  Sering Memijat Kaki, Ternyata Ini Manfaatnya!

Gigi Hadid

Keluarga Hadid yang terdiri dari supermodel bersaudara, Gigi, Bella dan Anwar Hadid, bersama dengan ibunya Yolanda termasuk pasangan-pasangannya, Zayn Malik dan Dua Lipa, saat ini lebih banyak menghabiskan waktu di pertanian keluarga yang luas di Pennsylvania, Amerika Serikat.

Selama beberapa bulan terakhir, mereka aktif membagikan aktivitas di kota kecil yang indah melalui foto dan video di sosial media. Keluarga Hadid ini melakukan apa yang dilakukan petani, menanam pohon, menunggang kuda, dan memberi makan bayi kambing.

Meskipun tinggal di desa, selebritas tetaplah selebritas. Mereka selalu tampilan penuh gaya. Belum lama, keluarga Hadid juga menjalani pemotretan untuk majalah Vogue, dengan latar belakang pedesaan dan menujukkan indahnya rumah mereka.

David Beckham

Mantan pesepakbola David Beckham juga memilih meninggalkan London dan menghabiskan beberapa bulan terakhir tinggal di area perkebunandi Cotswolds miliknya. Becham sering membagikan aktivitasnya berjalan-jalan di pedesaan dengan anjing peliharaannya melalui akun Instagramnya.

Ia dan Victoria, serta si bungsu Harper, juga senang memasak di dapur gaya pedesaan mereka yang besar. Tidak cukup itu saja, Becham bahkan memiliki peternakan lebah. Jangan heran jika akhir-akhir ini kita sering melihat Beckham dengan tampilan mirip petani.

Baca Juga :  Pria Jomblo Memiliki Tingkat Kematian Lebih Tinggi karena Covid-19

Selain keluarga Hadad dan Becham, artis lain yang memutuskan tinggal, setidaknya sementara, ke area pedesaan adalah Harry Styles, Millie Bobby Brown, serta keluarga Kardashian.

Baca juga: Pernah Dipopulerkan Kim Kardashian, Ternyata Jus Seledri Bisa Menimbulkan Kerutan!

Mencari Kenyamanan di Alam

Cottagecore nampaknya akan menjadi pilihan sebagian orang yang memiliki akses dan fasilitas untuk tinggal jauh dari kota. Tinggal di pedesaan tidak kalah nyaman dengan kota besar. Justru di desa kita bisa menjalani hidup lebih minimalis dan dekat dengan alam.

Gaya hidup baru ini juga sudah diangkat beberapa media, misalnya Vogue Inggris yang mengganti gaya gambar sampulnya untuk merayakan semua hal tentang alam, dengan menampilkan berbagi lanskap pedesaan yang indah di edisi Agustus 2020.

Cottagecore juga menjadi trending di TikTok, dengan banyak orang membuat video tentang indahnya hidup di pedesaan. Jika Kamu mencari hashtag #cottagecore, Kamu akan kaget karena adalah lebih dari setengah juta foto di Instagram. Nah Geng Sehat, Kamu tertarik mengikuti jejak para seleb?

Baca juga: Polusi Udara di Dalam Ruangan, Berikut Cara Mengatasinya!

Referensi:

Thenationalnews.com. What is cottagecore?

Architecturaldigest.com. What Exactly Is Cottagecore and How Did It Get So Popular?

Comment